PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK SISWA SMA KELAS X SEMESTER II

Putri, Alissa Rahmani (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK SISWA SMA KELAS X SEMESTER II. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS trigonometri dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk siswa SMA kelas X semester II, dan kualitasnya yang ditinjau dari tiga aspek kualitas yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran, lembar observasi pembelajaran dan angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan perangkat pembelajaran, serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa RPP, dan LKS dengan penemuan terbimbing untuk siswa SMA kelas X Semester II. (1) Berdasarkan hasil validasi RPP diperoleh skor rata-rata 160,5 dengan kualifikasi “Valid”. (2) Berdasarkan hasil validasi LKS diperoleh skor rata-rata 229 dengan kualifikasi “Valid”. (3) Berdasarkan hasil lembar observasi, diperoleh persentase 86,4% dengan kriteria “Sangat Baik” dan hasil angket respon siswa diperoleh skor rata-rata 78,23 dengan kriteria “Baik” sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis. (4) Berdasarkan hasil penilaian tes hasil belajar siswa didapat persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif. Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Penemuan terbimbing, dan Trigonometri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 24 Oct 2016 04:30
Last Modified: 30 Jan 2019 11:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42511

Actions (login required)

View Item View Item