Putri, Alissa Rahmani (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK SISWA SMA KELAS X SEMESTER II. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (482kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (49MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS trigonometri dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk siswa SMA kelas X semester II, dan kualitasnya yang ditinjau dari tiga aspek kualitas yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran, lembar observasi pembelajaran dan angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan perangkat pembelajaran, serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa RPP, dan LKS dengan penemuan terbimbing untuk siswa SMA kelas X Semester II. (1) Berdasarkan hasil validasi RPP diperoleh skor rata-rata 160,5 dengan kualifikasi “Valid”. (2) Berdasarkan hasil validasi LKS diperoleh skor rata-rata 229 dengan kualifikasi “Valid”. (3) Berdasarkan hasil lembar observasi, diperoleh persentase 86,4% dengan kriteria “Sangat Baik” dan hasil angket respon siswa diperoleh skor rata-rata 78,23 dengan kriteria “Baik” sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis. (4) Berdasarkan hasil penilaian tes hasil belajar siswa didapat persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif. Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Penemuan terbimbing, dan Trigonometri
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 04:30 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42511 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |