LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Tusri Suharyadi, Tusri Suharyadi (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RPP pertemuan 1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP pertemuan 3.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP pertemuan 4.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN MINGGUan.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tusri Suharyadi.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tusri Suharyadi.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2014 ini adalah di SMK Negeri 4 Klaten. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL meliputi praktik mengajar. Pada kegiatan praktik mengajar, mahasiswa terjun langsung atau tatap muka langsung dengan siswa di dalam kelas. Penerjunan mahasiswa di lingkungan masyarakat sekolah, bertujuan agar mahasiswa tersebut mendapat pengalaman tentang pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pembelajaran. Dengan demikian, mahasiswa dapat menggunakan pengalaman yang telah diperoleh sebagai bekal dalam membentuk norma profesional, pedagogik, interpersonal, dan intrapersonal. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik dan memenuhi beban delapan tatap muka yang diberikan. Akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan terbesar dalam hal pengelolaan waktu. Beberapa kali jadwal KBM terpaksa harus ditiadakan karena adanya kegiatan di sekolah. Dengan demikian solusi yang dimunculkan dalam menghadapi hambatan tersebut adalah dengan mengajarkan materi secara singkat dan jelas dengan menyuruh peserta didik menganalisa masalah. Dengan adanya kegiatan PPL ini, diperoleh pengalaman nyata yang dapat menjadi landasan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dalam dunia pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Oct 2016 03:02
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42510

Actions (login required)

View Item View Item