HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI JURUSAN OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH I MOYUDAN SLEMAN

Tri Rahma, Adi Sumanto (2016) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI JURUSAN OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH I MOYUDAN SLEMAN. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TRI RAHMA ADI SUMANTO - 05504244022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI JURUSAN OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH I MOYUDAN SLEMAN Oleh: Tri Rahma Adi Sumanto 05504244022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan kemadirian belajar pada siswa kelas XI Jurusan Otomotif SMK Muhammadiyah I Moyudan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Otomotif SMK Muhammadiyah I Moyudan Sleman sebanyak 141 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling, dengan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 104 orang siswa yang akan diambil secara proposional berdasarkan jumlah kelas pada masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menyimpulkanterdapat hubungan kecerdasan emosional dan kemadirian belajar pada siswa kelas XI Jurusan Otomotif SMK Muhammadiyah I Moyudan Sleman. Besarnya koefisien korelasi (r) adalah sebesar 0,567 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Kata Kunci : Kecerdasan emosional, kemandirian belajar, korelasi product moment.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Oct 2016 02:15
Last Modified: 30 Jan 2019 11:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42505

Actions (login required)

View Item View Item