PERSEPSI SISWA PROGRAM STUDI BUSANA BUTIK TERHADAP SARANA PRAKTEK MENJAHIT DALAM MATA DIKLAT KOMPETENSI KEJURUAN BUSANA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA TAHUN 2011

TRIPURNAMA, NINGSIH (2016) PERSEPSI SISWA PROGRAM STUDI BUSANA BUTIK TERHADAP SARANA PRAKTEK MENJAHIT DALAM MATA DIKLAT KOMPETENSI KEJURUAN BUSANA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA TAHUN 2011. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tri Purnamaningsih 07513245005.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PERSEPSI SISWA PROGRAM STUDI BUSANA BUTIK TERHADAP SARANA PRAKTEK MENJAHIT DALAM MATA DIKLAT KOMPETENSI KEJURUAN BUSANA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA TAHUN 2011 oleh : TRIPURNAMANINGSIH 07513245005 Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui persepsi siswa program studi busana butik terhadap sarana praktek menjahit dalam mata diklat kompetensi kejuruan busana di SMK Negeri 6 Yogyakarta yang ditinjau dari segi kualitas, 2) untuk mengetahui persepsi siswa program studi busana butik terhadap sarana praktek menjahit dalam mata diklat kompetensi kejuruan busana di SMK Negeri 6 Yogyakarta yang ditinjau dari segi kecukupan, 3) untuk mengetahui persepsi siswa program studi busana butik terhadap sarana praktek menjahit dalam mata diklat kompetensi kejuruan busana di SMK Negeri 6 Yogyakarta yang ditinjau dari segi kecangihan teknologi, 4) untuk mengetahui persepsi siswa program studi busana butik terhadap sarana praktek menjahit dalam mata diklat kompetensi kejuruan busana di SMK Negeri 6 Yogyakarta tahun 2011. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Kenari No.4 Yogyakarta.merupakan penelitian deskriptif. Populasi adalah seluruh siswa kelasX program studi busanabutik berjumlah 109siswa.Teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling berjumlah 84 siswa. Metode pengambilan data menggunakan angket (quetionnere) dengan skala likert, Validitas instrumen penelitian diuji menggunakan analisi butir dihitung dengan rumus korelasi Product moment yang menghasilkan 24 butir soal yang valid. Reliabilitas 30 butir soal instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil perhitungan 0,948 sangat reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Persepsi siswa program studi busana butik dengan mean 16,37 persentase sebanyak 56% menyatakan bahwa kualitas sarana praktek menjahit yang digunakan berkualitas baik, 44% menyatakan sangat baik 2) Persepsi siswa program studi busana butik dengan mean 46,58 persentase sebanyak 65,5% menyatakan kecukupan jumlah sarana praktek menjahit termasuk dalam kategori baik, 34,5% menyatakan sangat baik 3) Persepsi siswa program studi busana butik dengan mean 12,45 persentase sebanyak 52,4% menyatakan bahwa kecanggihan teknologi sarana termasuk dalam kategori baik, 46,4% menyatakan sangat baik, 1,2% menyatakan cukup baik 4) Persepsi siswa program studi busana butik dengan mean 75,4 persentase sebanyak 76,2% menyatakan bahwa sarana praktek menjahit baik, 23,8% menyatakan sangat baik. Kata Kunci : Sarana, persepsi siswa, praktek menjahit

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Oct 2016 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 11:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42501

Actions (login required)

View Item View Item