LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL

ANDYANI LARASATI, ANDYANI LARASATI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL. Laporan ppl.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan sebuah universitas yang mempunyai tugas dan misi untuk menyiapkan atau menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Dalam menyiapkan tenaga pendidikan tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa kependidikan tentang proses belajar mengajar melalui mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Evaluasi Pengajaran, Pengajaran Mikro, dan PPL. PPL adalah salah satu mata kuliah yang bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran dalam rangka memenuhi persyaratan sebagai tenaga kependidikan yang profesional sesuai dengan tugas dan misi universitas. Lokasi praktikan dalam melaksanakan PPL adalah di SMA Negeri 2 Sleman, Brayut, Pandowoharjo, Sleman, D.I. Yogyakarta Sebelum melaksanakan kegiatan PPL, praktikan telah melaksanakan observasi, pembekalan KKN-PPL dan pengajaran mikro sebelum diterjunkan di lokasi PPL. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 2 Juli 2014 - 17 September 2014. Dalam kegiatan PPL yang dilaksanakan selama kurang lebih 2 setengah bulan ini praktikan mengampu mata pelajaran Bahasa Inggris untuk kelas XI MIA 1, XI IIS 1, dan XI IIS 2. Mata pelajaran Bahasa Inggris memiliki jumlah 2 jam/kelas pada tiap minggunya. Jadi tiap minggu praktikan mengajar selama 6 jam pelajaran untuk 3 kelas. Praktikan merasa dalam Praktik Pengalam Lapangan ini mendapat banyak pengalaman tentang dunia kependidikan. Program kerja yang sudah dirancang pada awal kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan besar. Secara keseluruhan pelaksanaan PPL berlangsung dengan baik, mulai dari observasi, pembuatan buku adminitrasi guru, pembuatan silabus dan RPP dan pelaksanaaan kegiatan belajar mengajar, evaluasi, hingga penyusunan laporan. Tidak ada hambatan yang berarti selama pelaksanaan PPL karena apabila ada kesulitan, praktikan dapat berkonsultasi kepada guru pembimbing. PPL ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi praktikan khususnya dalam bidang pendidikan. Adapun saran dari penyusunan agar dari pihak sekolah lebih mengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses pengajaran. Pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua setengah bulan yaitu pada tanggal 2 Juli 2013 sampai 17 September 2014 ini waktunya terasa kurang efektif karena bertepatan dengan bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri. Banyak hari yang tidak efektif untuk kegiatan pembelajaran dan banyak hari libur.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 19 Oct 2016 09:21
Last Modified: 19 Oct 2016 09:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42500

Actions (login required)

View Item View Item