PENGARUH INFORMASI DUNIA KERJA DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP WAWASAN BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

TRI, PAMA WIBAWA (2016) PENGARUH INFORMASI DUNIA KERJA DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP WAWASAN BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tri Pama W. (07504241020).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGARUH INFORMASI DUNIA KERJA DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP WAWASAN BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN OLEH TRI PAMA WIBAWA 07504241020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya informasi dunia kerja, kreativitas siswa, wawasan berwirausaha, hubungan antara informasi dunia kerja dengan wawasan berwirausaha, hubungan antara kreativitas dengan wawasan berwirausaha dan seberapa besar pengaruh bersama-sama antara informasi dunia kerja dan kreativitas siswa terhadap wawasan berwirausaha Siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Prambanan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xii Teknik Kendaraan ringan di SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2013/2014. Populasi ini sebanyak 130 siswa dan jumlah sampel diambil berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel yang dikembangkan dari Isaac dan Michael, sehingga ditetapkan sampel penelitian ini sebanyak 95 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket empat skala likert. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement dan rumus product moment. Sedangkan uji reabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Uji coba instrumen dilakukan kepada 30 responden di luar sampel yang diambil pada penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment dan teknik analisis korelasi ganda (multiple correlation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, yang pertama terdapat pengaruh antara informasi dunia kerja terhadap wawasan berwirausaha yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi antara variabel tersebut sebesar 0,9993. Kedua, terdapat pengaruh antara kreativitas siswa terhadap wawasan berwirausaha yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi antara variabel tersebut sebesar 0,9998. Ketiga, terdapat pengaruh bersama-sama antara informasi dunia kerja dan kreativitas siswa terhadap wawasan berwirausaha siswa kelas xii teknik kendaraan ringan di SMK Muhammadiyah Prambanan. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan koefisien korelasi Ryx1x2 = 1,434955, sedangkan Fhitung 89,433 dan Ftabel 3,09 pada taraf signifikansi 5%. Jadi Fhitung lebih besar dari pada Ftabel (Fhitung 89,433 ˃ Ftabel 3,09).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Oct 2016 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 11:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42499

Actions (login required)

View Item View Item