Pengembangan E-Kamus Berbasis Visual Basic 6.0 Sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VIII

Raras, Rinda Kustian (2016) Pengembangan E-Kamus Berbasis Visual Basic 6.0 Sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VIII. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11416241025.swf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan E-Kamus berbasis visual basic 6.0 sebagai sumber belajar IPS SMP kelas VIII materi Keunggulan lokasi Indonesia; 2) Mengetahui kelayakan E-Kamus berbasis visual basic 6.0 sebagai sumber belajar IPS SMP kelas VIII materi Keunggulan lokasi Indonesia berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran IPS, dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain produk, uji coba produk, dan uji coba pemakaian, revisi produk, produksi massal. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Validasi produk pengembangan menggunakan expert judgement, terdiri dari validasi ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran IPS, uji coba terbatas oleh 6 siswa, dan uji coba lapangan oleh 30 siswa kelas VIII SMPN 8 Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Kelayakan E-Kamus berbasis visual basic 6.0 dianggap layak apabila seluruh validasi ahli dan uji pemakaian oleh siswa memperoleh rerata skor minimum 3,0 dengan kategori "Baik". Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan: 1) Tahap pengembangan produk terdiri dari: a) potensi masalah; b) pengumpulan data: studi pustaka, dan tinkauan isi; c) desain produk: menentukan program, perancangan konsep, membuat kisi-kisi instrumen, pembuatan isi materi, pembuatan tampilan, pengkodean, testing, implementasi; d) validasi desain; e) uji coba produk; f) revisi produk; g) uji coba pemakaian; h) produk massal. 2) E-Kamus layak digunakan sebagai sumber belajar IPS dengan kategori Baik. Kualitas kelayakan E-Kamus dalam kategori baik berdasar pada hasil validasi ahli materi, ahli media, guru IPS, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Kelayakan E-Kamus berbasis visual basic 6.0 meliputi tiga aspek kriteria kelayakan sumber belajar yaitu aspek desain pembelajaran, aspek rekayasa perangkat lunak, dan aspek komunikasi visual. Kata kunci : E-Kamus , visual basic 6.0, sumber belajar, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 19 Oct 2016 00:48
Last Modified: 30 Jan 2019 11:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42486

Actions (login required)

View Item View Item