[Ringkasan Skripsi] Implementasi Metode Pair Check untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VII B SMP Negeri 2 Depok

Majda, Alikul (2016) [Ringkasan Skripsi] Implementasi Metode Pair Check untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VII B SMP Negeri 2 Depok. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Ringkasan Skripsi Digital)
Ringkasan Skripsi 12416241030.swf

Download (253kB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id/elibfis/index.php

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya kerja sama siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya meningkatkan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII B SMP Negeri 2 Depok dengan menggunakan metode Pair Check. (2) peningkatan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII B SMP Negeri 2 Depok dengan menggunakan metode Pair Check. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen angket divalidasi dengan expert judgement dan reliabilitas angket dihitung dengan metode belah dua (Split Half Method). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Depok dengan jumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Cara meningkatkan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII B SMP Negeri 2 Depok dapat dilakukan dengan menggunakan metode Pair Check disertai dengan beberapa upaya, yaitu memberikan handout materi kepada setiap kelompok sebagai bahan untuk diskusi, memberikan tugas kelompok untuk membuat sejumlah pertanyaan dan jawaban, mengarahkan siswa untuk berdiskusi menyelesaikan tugas dan berbagi peran dalam kelompok, selanjutnya siswa bekerja secara berpasangan untuk melakukan sesi tanya jawab. (2) Penggunaan metode Pair Check dapat meningkatkan kerja sama siswa, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil angket menunjukkan peningkatan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS. Peningkatan kerja sama siswa dapat dilihat dari rata-rata persentase seluruh indikator kerja sama siswa pada siklus I sebesar 71% menjadi 78% pada siklus II. Peningkatan kerja sama siswa telah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu ≥76%, sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Kata kunci: Metode Pair Check dan Kerja sama siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 19 Oct 2016 00:41
Last Modified: 19 Oct 2016 00:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42484

Actions (login required)

View Item View Item