[Ringkasan Skripsi] Pengaruh Keaktifan Siswa dalam OSIS dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 4 Gamping Tahun Ajaran 2015/2016

Waluyo, Tectona Hangger (2016) [Ringkasan Skripsi] Pengaruh Keaktifan Siswa dalam OSIS dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 4 Gamping Tahun Ajaran 2015/2016. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Ringkasan Skripsi Digital)
Ringkasan Skripsi 11416241031.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh keaktifan siswa dalam OSIS terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) pengaruh keaktifan siswa dalam OSIS dan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional sebab-akibat dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa pengurus OSIS SMP N 4 Gamping periode 2015/2016 yang berjumlah 35 siswa. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner diuji validitas oleh ahli (expert judgment) yaitu satu orang dosen dari Jurusan Pendidikan IPS FIS UNY. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda 2 prediktor pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hipotesis pertama ditolak sehingga tidak terdapat pengaruh antara keaktifan siswa dalam OSIS (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y), penyebab tidak terdapatnya pengaruh kemungkinan besar karena siswa yang terlampau aktif dalam OSIS justru akan dapat mengganggu waktu belajarnya. (2) Hipotesis kedua diterima sehingga terdapat pengaruh signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar di rumah (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y), terdapat kecenderungan semakin tinggi pemanfaatan fasilitas belajar di rumah maka semakin baik prestasi belajar siswa tersebut, sebaliknya semakin rendah pemanfaatan fasilitas belajar di rumah, semakin buruk prestasi belajar siswa tersebut. (3) Hipotesis ketiga diterima sehingga terdapat pengaruh signifikan antara keaktifan siswaa dalam OSIS dan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: Keaktifan siswa, OSIS, fasilitas belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 19 Oct 2016 00:35
Last Modified: 30 Jan 2019 11:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42482

Actions (login required)

View Item View Item