PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA DAN PERSEPSI TENTANG LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN DI KELAS KHUSUS OLAHRAGA SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA

Untoro, Joko (2016) PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA DAN PERSEPSI TENTANG LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN DI KELAS KHUSUS OLAHRAGA SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
SKRIPSI 12401244003.swf

Download (9MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id/elibfis/index.php

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar siswa dan persepsi tentang lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran PKn di kelas khusus olahraga SMP Negeri 13 Yogyakarta Jenis penelitian ini adalah expost-facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan melibatkan seluruh siswa (86 siswa) kelas khusus olahraga SMP Negeri 13 Yogyakarta sebagai objek penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu, dan teknik dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis sederhana dan analisis berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran PKn di kelas khusus olahraga SMP Negeri 13 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung yang lebih besar dari nilai t tabel (6,248>2,000). (2) Ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran PKn di kelas khusus olahraga SMP Negeri 13 Yogyakarta. Ini dibuktikan dengan nilai t hitung yang lebih besar dari nilai t tabel (4,628>2,000). (3) Ada pengaruh positif dan signifikan minat belajar siswa dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran PKn di kelas khusus olahraga SMP Negeri 13 Yogyakarta. Yang dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (23,503>3,11). Sementara itu, untuk sumbangan efektif variabel minat belajar siswa dan lingkungan sekolah, secara bersama-sama mampu menyumbang pengaruh sebesar 35,9% terhadap hasil belajar PKn. Kata Kunci: Minat Belajar Siswa, Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 19 Oct 2016 00:26
Last Modified: 19 Oct 2016 00:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42479

Actions (login required)

View Item View Item