LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Dessetyatun, Dessetyatun (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK N 2 Depok. PPL ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memperoleh pengalaman secara nyata tentang proses pembelajaran dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan. Pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai bekal pengembangan diri sebagai tenaga pembimbing dan pendidik yang profesional. Di SMK N 2 Depok tidak terdapat jam khusus BK, namun BK memanfaatkan waktu jika diberikan jam masuk kelas oleh guru mata pelajaran. Dalam pelaksanaan PPL, praktikan melakukan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan Bimbingan dan Konseling di sekolah yaitu praktikan memberikan bimbingan kelas sebanyak 9 kelas yakni di kelas X TGB(B), X TAV, X KA(A), X GP(B), X TPBO, X TGB (A), X TOI, X TKJ(B), X KA(B). Bimbingan kelompok selama 2 kali di kelas X TGB(A), membuat program pelaksanaan PPL berupa papan konselor sebagai sarana penunjang kelancaran layanan bimbingan dan konseling, dan analisis masalah siswa berdasarkan DCM (Daftar Cek Masalah) yang dijadikan sebagai dasar pemberian layanan bimbingan dan konseling pada siswa diberikan di 3 kelas. Melakukan konseling individu dengan 3 konseli, dan melakukan konseling kelompok sebanyak 2 kali masingmasing berjumlah 3 konseli. Melakukan administrasi berupa rekapitulasi data pribadi siswa, rekap data peminatan, serta rekap data beasiswa. Telah melakukan home visit sebanyak satu kali. Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan yakni tidak ada jam masuk kelas untuk tiap kelas sehingga guru BK harus meminta persetujuan guru mata pelajaran Bahasa Jawa dan Seni Budaya untuk diberikan waktu memberikan layanan BK di kelas, terbenturnya beberapa jam PPL yang bersama dengan program kerja KKN sehingga beberapa jam PPL dan KKN harus terganggu. Dari kegiatan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan PPL ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang proses bimbingan dan konseling, keguruan maupun kependidikan yang berinteraksi langsung dengan kehidupan peserta didik serta melatih profesionalisme sebagai guru BK.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Oct 2016 23:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42478

Actions (login required)

View Item View Item