Model Evaluasi Penjaminan Mutu Pendidikan (EPMP) pada Sekolah Menengah Pertama.

Sugiyanta, Sugiyanta (2016) Model Evaluasi Penjaminan Mutu Pendidikan (EPMP) pada Sekolah Menengah Pertama. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sugiyanta-09701261006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan model evaluasi penjaminan mutu yang tepat untuk mengevaluasi program penjaminan mutu pendidikan SMP, (2) menghasilkan model konstruk indikator yang dapat mengukur implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan di SMP, (3) menghasilkan model konstruk indikator yang dapat mengukur kinerja penjaminan mutu pendidikan di sekolah menengah pertama, dan (4) mendapatkan informasi tentang tingkat keterjaminan mutu pendidikan di SMP. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan meliputi lima prosedur pengembangan, yaitu: (a) penyusunan desain produk, (b) persiapan pengembangan instrumen model evaluasi, (c) uji lapangan dan revisi produk, (d) uji lapangan dalam skala besar, dan (e) implementasi. Subjek uji coba pertama terdiri dari 41 responden dari tim penjaminan mutu, guru, karyawan, komite sekolah, orang tua/wali murid, dan siswa yang berasal dari tiga sekolah. Uji coba kedua melibatkan 120 responden dari dari lima sekolah. Uji coba operasional/implementasi melibatkan 258 responden yang berasal dari 10 sekolah. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan lembar angket dan ceklis dokumen. Analisis data menggunakan teknik analisis faktor yaitu, exploratory factor analysis dan confirmatory factor analysis dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model evaluasi penjaminan mutu pendidikan di SMP terdiri dari implmentasi sistem penjaminan mutu pendidikan dan kinerja penjaminan mutu pendidikan. Konstruk implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, dan tindakan perbaikan dengan Barletss Test of Sphercity adalah 2,250 pada signifikansi 0,000. Konstruk kinerja penjaminan mutu pendidikan terdiri dari pengembangan sumber daya, pengembangan program dan aktivitas, partisipasi warga sekolah, kepuasan warga sekolah, perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan, perubahan prilaku warga sekolah, pengembangan sosial, ekonomi, dan lingkungan sekolah, dengan nilai Barletss Test of Sphercity adalah 2,485 pada signifikansi 0,000. Kelayakan model evaluasi penjaminan mutu pendidikan di SMP termasuk kategori baik, berdasarkan validasi pakar, pengguna, dan praktisi serta bukti-bukti yang digunakan pada uji coba di lapangan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model evaluasi penjaminan mutu pendidikan SMP
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Oct 2016 04:15
Last Modified: 30 Mar 2022 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42464

Actions (login required)

View Item View Item