Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Investigasi Kelompok terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X dI SMA N 1 CAWAS.

Istiqomah, Nurul fajar (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Investigasi Kelompok terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X dI SMA N 1 CAWAS. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurul-fajar-istiqomah-14725251040.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis, 2) pengaruh model pembelajaran investigasi (GI) kelompok terhadap kemampuan berpikir kritis , 3) besar ukuran efek model PjBL dan GI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA N 1 Cawas pada materi daur ulang limbah. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian dilakukan pada Februari-Mei 2016. Penelitian dilakukan menggunakan tiga kelas, sebagai kelas eksperimen. Data diperoleh melalui pretes, postes, dan observasi. Instrumen tes yang digunakan divalidasi dan diujicobakan pada kelas XII dan lembar observasi divalidasi melalui penilaian ahli. Analisis data pretes dan postes dilakukan dengan menggunakan program SPSS 16 sedangkan hasil observasi dianalisis secara deskriptif. Kemampuan berpikir kritis yang dipengaruhi oleh model pembelajaran ditentukan dengan nilai signifikansi 0,05 dan efect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL dan GI berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Model PjBL lebih berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa dalam penentuan konsep, manfaat, dan daya guna produk. Model GI lebih berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dalam penentuan bahan dalam pembuatan produk. Ukuran efek model PjBL pada taraf sedang dan model GI pada taraf rendah. Model PjBL lebih berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi daur ulang limbah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model PjBL, model GI, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Oct 2016 02:38
Last Modified: 09 May 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42444

Actions (login required)

View Item View Item