HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT MEMBACA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 SEDAYU

Tri, Nur Diati (2016) HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT MEMBACA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tri Nur Diati 08503241026.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT MEMBACA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 SEDAYU Oleh : Tri Nur Diati 08503241026 Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui apakah pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, 2) Untuk mengetahui apakah pengaruh minat membaca siswa terhadap prestasi belajar siswa, 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat membaca terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Sedayu yang beralamat di Jl. Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan (XI TP) yang terdiri dari 2 (dua) kelas, yaitu kelas (XI TPA) dan kelas (XI TPB). Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Pengujian prasyarat analisis pada penelitian ini meliputi uji ormalitas dan uji linieritas. Analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran variabel dan korelasi untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI teknik mesin SMK N 1 Sedayu, hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (6,642>2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Sumbangan efektif untuk pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar sebesar 29,4%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat membaca terhadap hasil belajar siswa kelas XI teknik mesin di SMK N 1 Sedayu, hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (7,630>2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Sumbangan efektif dari minat membaca terhadap prestasi belajar sebesar 37,3%. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat membaca terhadap prestasi belajar siswa kelas XI teknik mesin di SMK N 1 Sedayu, hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 60,238 lebih besar dari F tabel (60,238 <3,15) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Sumbangan efektif dari kedua variabel tersebut sebesar 66,8%. Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Minat Membaca, Prestasi Belajar viii KATA PENGANTAR

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 18 Oct 2016 01:23
Last Modified: 30 Jan 2019 11:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42440

Actions (login required)

View Item View Item