LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

TRI NURHAYATI, TRI NURHAYATI (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Lapran ppl.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah, dalam rangka umtuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan.SMK Negeri 2 Depok terletak di Jalan STM Pembangunan nomor 1 Mrican, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. SMK Negeri ini merupakan salah satu dari delapan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia yang memiliki waktu studi 4 tahun. SMK Negeri 2 Depok memiliki 11 program keahlian. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan meliputi kegiatan observasi pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, dan melakukan persiapan mengajar antara lain menyediakan silabus, RPP, hand out atau modul, administrasi guru, agenda mengajar, dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan kegiatan pelaksanaan adalah kegiatan mengajar. Mahasiswa mendapatkan mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Praktik mengajar dimulai tanggal 06Agustus 2014 sampai dengan 17 September 2014, dengan alokasi waktu setiap mata pelajaran 4 x 45 menit dan 3 x 45 menit serta mengampu dua kelas, yaitu kelas X TGB A dan X TGB B. Kegiatan praktik mengajar dilakukan setiap hari Senin, jam ke-5 sampai jam ke-8dan hari Kamis ke-1 sampai jam ke-3 untuk kelas X TGB A, kemudian setiap hari Selasa, jam ke-4 sampai jam ke-6 dan hari Rabu jam ke-5 sampai jam ke-8 untuk kelas X TGB A. Dan pertemuan terlaksana sebanyak 10 kali setiap kelasnya. Hasil yang didapat dari kegiatan PPL adalah mendapatkan pengalaman nyata dalam mengajar, baik dari persiapan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Dari rancangan program PPL individu yang telah disusun dalam matriks program PPL, secara umum berjalan dengan baik dan lancar. Akan tetapi dalam pelaksanaannya tidak lepas dari hambatan-hambatan, baik itu faktor intern maupun faktor ekstern. Namun pada pelaksanaannya hambatanhambatan tersebut dapat diatasi sehingga nantinya program yang telah tersusun dalam matriks kerja dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 18 Oct 2016 00:24
Last Modified: 18 Oct 2016 00:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42423

Actions (login required)

View Item View Item