Peningkatan Kompetensi Keterampilan Menyulam Melalui Pembelajaran Dengan Media Job Sheet Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XI SMA Luar Biasa Negeri 1 Yogyakarta

Tri Ida, Dewi Lestari (2016) Peningkatan Kompetensi Keterampilan Menyulam Melalui Pembelajaran Dengan Media Job Sheet Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XI SMA Luar Biasa Negeri 1 Yogyakarta. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tri Ida Dewi Lestari-08513242003.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peningkatan Kompetensi Keterampilan Menyulam Melalui Pembelajaran Dengan Media Job Sheet Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XI SMA Luar Biasa Negeri 1 Yogyakarta Disusun Oleh Tri Ida Dewi Lestari 08513242003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyulam dengan media job sheet pada pada siswa tunagrahita ringan kelas XI SMA LB Negeri 1 Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan kompetensi keterampilan menyulam melalui pembelajaran dengan media job sheet pada siswa tunagrahita ringan kelas XI SMA LB Negeri 1 Yogyakarta.(3) Pendapat siswa tunagrahita ringan tentang pelaksanaan penggunaan media job sheet keterampilan menyulam di SLB Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart dengan empat tahapan yang meliputi (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa tunagrahita ringan kelas XI SMA LB. Penelitian ini dilaksanakan melalui kolaborasi dengan guru mata pelajaran keterampilan menyulam di SLB Negeri 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya yaitu lembar observasi, catatan lapangan, lembar pedoman wawancara dan tes unjuk kerja. Uji validitas instrumen kelayakan media job sheet, lembar observasi, lembar pedoman wawancara dan penilaian unjuk kerja dilakukan judgment exspert. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan antar rater. Hasil reliabilitas lembar penilaian unjuk kerja rata-rata rating dari ketiga orang rater diperoleh xx' r = 0,917. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyulam dengan media job sheet dilaksanakan melalui 4 tahap sebagai berikut: (a) Perencanaan meliputi silabus, RPP, lembar observasi, media job sheet, lembar penilaian unjuk kerja dan lembar pedoman wawancara. (b) Pelaksanaan, pada tahap ini peneliti berkolaborasi dengan guru melaksanakan tindakan dengan media job sheet. (c) Observasi, pada tahap ini peneliti beserta guru melakukan observasi pada setiap siklus untuk mengetahui pemanfaatan media job sheet. (d) Refleksi, pada tahap ini peneliti beserta guru mendiskusikan hasil tindakan untuk mengetahui perlu tidaknya diadakan tindakan perbaikan. 2) Kompetensi keterampilan menyulam melalui pembelajaran dengan media job sheet pada siswa tunagrahita ringan kelas XI SMA LB Negeri 1 Yogyakarta pada pra siklus siswa yang berkategori tuntas sebesar 25%, sedangkan pada siklus I siswa yang berkategori tuntas meningkat menjadi 75% dan pada siklus II siswa yang berkategori tuntas suda 100%. 3) Pendapat siswa tunagrahita ringan kelas XI SMA LB Negeri 1 Yogyakarta tentang penggunaan media job sheet keterampilan menyulam menunjukkan bahwa siswa yang berkategori cukup mudah sebanyak 1 orang (25%) dan pada kategori mudah sebanyak 3 orang (75%) sedangkan pada kategori tidak mudah 0 orang(0%). Kata Kunci : Peningkatan Kompetensi, Sulaman Bebas, Media Job Sheet, Siswa Tunagrahita Ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Oct 2016 09:01
Last Modified: 30 Jan 2019 11:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42419

Actions (login required)

View Item View Item