Efektivitas Problem-Based Learning (PBL) Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Geometri.

Hardiyanto, Wahyu (2016) Efektivitas Problem-Based Learning (PBL) Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Geometri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wahyu-hardiyanto-14709251022.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan keefektifan dan perbedaan keefektifan Problem Based Learning (PBL) setting Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran geometri ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis dan self-efficacy (efikasi diri) Siswa Kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu atau quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Selomerto, Kabupaten Wonosobo, semester dua tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini diambil secara acak sehingga diperoleh kelas VIII-G dan VIII-H. Pada kelas VIII-G diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) setting Think Talk Write (TTW) dan kelas VIII-H diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) setting Think Pair Share (TPS). Instumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal, tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian yang terdiri dari 5 butir soal, dan angket self-efficacy siswa yang terdiri dari 23 butir pernyataan. Pengujian keefektifan pendekatan Problem Based Learning (PBL) setting Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) dilakukan dengan uji one sample t-test. Pengujian perbedaan keefektifan antara pendekatan Problem Based Learning (PBL) setting Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) dilakukan dengan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Pendekatan Problem Based Learning (PBL) setting Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran geometri efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis dan self-efficacy (efikasi diri) siswa. (2) Tidak terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara pendekatan Problem Based Learning (PBL) setting Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan self-efficacy siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem-based learning (PBL), think talk write, think pair share, prestasi belajar siswa, berpikir kritis, self-efficacy.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Oct 2016 06:37
Last Modified: 09 May 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42404

Actions (login required)

View Item View Item