Pengembangan Model Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Sekolah Menengah Kejuruan

Mappalotteng, Abdul Muis (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Sekolah Menengah Kejuruan. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-abdul-muis-mappalotteng-04702261014.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengembangkan secara sistematis model pembelajaran berbantuan komputer; (2) Mengintegrasikan beberapa metode pembelajaran dalam pengembangan model pembelajaran berbantuan komputer di SMK; (3) Mengintegrasikan teori belajar konstruktivis ke dalam model pembelajaran berbantuan komputer; (4) Mengembangkan model pembelajaran berbantuan komputer pada Sekolah Menengah Kejuruan yang memenuhi syarat validitas, praktikalitas, konsistensitas. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan program keahlian pemanfaatan energi listrik pada Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi yang memiliki program diklat Teknik Listrik/Elektro. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga SMK Negeri di Makassar dan Gowa. Tahapan pengembangan berlangsung pada empat level yang dimulai dari level client system, level instructional system, level lesson plan dan level material development. Setiap level berisi aktivitas identifikasi masalah, analisis masalah, desain, implementasi dan evaluasi. Produk yang dihasilkan dari tahapan-tahapan tersebut divalidasi kepada ahli media dan ahli materi dengan ujicoba perseorangan, ujicoba kelompok kecil dan ujicoba yang diperluas. Untuk menentukan validitas, kepraktisan dan konsistensi PBK, dilakukan analisis dengan menggunakan Percentage of Agreements antar penilai, konsistensi PBK yang dikembangkan, dapat dilihat konsistensi hasil penilaian yang dilakukan oleh subjek coba. Konsistensi hasil penilaian dapat diketahui dari tingginya koefisien korelasi hasil penilaian yakni kesamaan kesepakatan antar penilai dalam pemberian skor terhadap unjuk kerja objek penilaian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Langkah-langkah sistemastis pengembangan model pembelajaran berbantuan komputer di SMK diawali dengan adanya studi pendahuluan berupa analisis kebutuhan yang dilakukan pada client, selanjutnya tahap disain sistem pembelajaran dan rencana pembelajaran, setelah itu dilakukan material development. Dalam tahap pengembangan materi dipersiapkan seluruh perangkat yang akan digunakan dalam penulisan program. Penulisan program menghasilkan produk prototipe awal yang divalidasi ke pada ahli media dan ahli materi, perbaikan dilakukan setelah adanya masukan dari para ahli. Selanjutnya diujicobakan kepada subjek coba dengan tiga tahap yaitu kelompok perorangan, kelompok kecil dan kelompok yang diperluas. Pada setiap akhir ujicoba dilakukan revisi sesuai hasil penilaian subjek coba; (2) Perangkat yang dihasilkan dari pengembangan PBK ini antara lain: Model Pengembangan PBK; tabel kompetensi mata diklat MMPK-EM, MMPK-EL MMPK-PLC; Silabus-PBK mata diklat MMPK-EM, MMPK-EL MMPK-PLC; RPP-PBK mata diklat MMPK-EM, MMPK-EL MMPK-PLC; Modul mata diklat MMPK-EM, MMPK-EL MMPK-PLC; Flowchart PBK; Storyboard; dan prototipe produk CDI; (3) Pengintegrasian metode pembelajaran dalam pengembangan model PBK di SMK dilakukan melalui strategi yang ada pada PBK yaitu tutorial, drill & Practice, games, Problem Solving, Simulation, dan Testing; (4) Pengintegrasian teori belajar konstruktivisme ke dalam model PBK di SMK dilakukan melalui interaktivitas program PBK yang dikembangkan dalam bentuk CD Interaktif; (5) Tanggapan pengguna terhadap produk PBK mata Diklat MMPK-EM, MMPK-EL dan MMPK-PLC pada: (a) Aspek Pembelajaran adalah sangat baik; (b) Aspek Materi/Isi adalah sangat sesuai; (c) Aspek Tampilan adalah sangat menarik; dan (d) Aspek Pemrograman adalah sangat baik; (6) Model pembelajaran PBK yang dikembangkan sudah memenuhi validitas, kepraktisan dan konsistensi; (7) Tanggapan siswa terhadap strategi dalam PBK seperti yaitu tutorial, drill & Practice, games, Problem Solving, Simulation, dan Testing adalah sangat baik; (8) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer dapat dibangun dengan perangkat lunak macromedia flash, macromedia fireworks, macromedia director, yang diintegrasikan dengan perangkat lunak pihak ketiga; (9) Setiap tahapan ujicoba dilakukan revisi dengan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, berbantuan komputer, sekolah menengah kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2016 04:41
Last Modified: 29 Jan 2019 03:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42397

Actions (login required)

View Item View Item