PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU PEMBIMBING DI YOGYAKARTA

Rosita Endang Kusmaryani, . (2010) PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU PEMBIMBING DI YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img] Text
13_Rosita_Endang_K.doc

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul keterampilan konseling untuk untuk meningkatkan kinerja layanan konseling bagi guru pembimbing. Produk yang dihasilkan penelitian ini adalah modul keterampilan konseling yang sudah valid dengan berbagai contoh penerapannya dalam bentuk buku maupun compact disc (CD) yang disertai dengan panduan praktis. Harapannya modul ini dapat dijadikan pedoman konselor atau guru pembimbing dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan peserta didik agar optimal dan terarah dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tahun kedua, di mana berdasarkan hasil tes pemahaman pada penelitian tahun pertama ditemukan bahwa pemahaman mengenai keterampilan konseling masih belum optimal. Hal ni ditunjukkan dengan rata-rata skor pencapaian 19,36 atau sekitar 52,18%. Skor ini juga menunjukkan bahwa keterampilan konseling belum dipahami secara konseptual. Pada penelitian tahun kedua, dilakukan validasi terhadap modul keterampilan konseling. Beberapa hal yang dilakukan adalah uji ahli, yang terdiri dari ahli konseling dan ahli media pembelajaran, uji keterbacaan, uji coba pengguna permulaan, uji coba pengguna kelompok kecil dan uji coba pengguna kelompok besar. Uji keterbacaan melibatkan 36 orang subjek. Jumlah subjek penelitian pada uji coba pengguna permulaan, kelompok kecil dan kelompok besar, masing-masing adalah 3 orang, 9 orang dan 30 orang. Hasil validasi modul menunjukkan bahwa berdasarkan uji ahli konseling dan media pembelajaran, maka modul keterampilan konseling merupakan modul yang layak digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan konseling bagi guru pembimbing dengan rerata skor penilaian sebesar 3,38. Hasil uji coba pengguna permulaan, pengguna kelompok kecil dan kelompok besar, masing-masing mencapai skor rerata penilaian 3,11; 3,17 dan 3,46. Hasil penilaian itu menunjukkan bahwa setelah dikonversikan dalam skala 4, skor ini masuk dalam kriteria sangat menarik / sangat jelas / sangat mudah dipahami Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa modul keterampilan konseling dapat digunakan dalam kategori instruksional. Kata kunci : modul, validasi, keterampilan konseling, guru pembimbing

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: FIP Admin
Date Deposited: 15 Aug 2012 01:48
Last Modified: 13 Sep 2012 10:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4239

Actions (login required)

View Item View Item