HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KERJA BANGKU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PENGELASAN SMK N 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013

Tresaldi, Eka Pradipta (2016) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KERJA BANGKU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PENGELASAN SMK N 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tresaldi Eka Pradipta 0650424106.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KERJA BANGKU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PENGELASAN SMK N 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Tresaldi Eka Pradipta 06504241016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan persepsi siswa tentang kerja bangku dengan hasil belajar standar kompetensi menggunakan perkakas tangan; (2) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar standar kompetensi menggunakan perkakas tangan; dan (3) hubungan persepsi siswa tentang kerja bangku dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar standar kompetensi menggunakan perkakas tangan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan SMK Negeri 2 Wonosari sejumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Angket yang akan digunakan sebelumnya diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap uji persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi linier sederhana dengan rumus product moment untuk menguji hipotesis pertama dan kedua, kemudian analisis multivariat dengan rumus korelasi berganda digunakan untuk menguji hipotesis ketiga. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) ada hubungan positif antara persepsi siswa tentang kerja bangku dengan hasil belajar standar kompetensi menggunakan perkakas tangan siswa kelas X jurusan Teknik Pengelasan SMK N 2 Wonosari tahun ajaran 2012/2013 dengan r sebesar 0.365 (kategori rendah); (2) ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar standar kompetensi menggunakan perkakas tangan siswa kelas X jurusan Teknik Pengelasan SMK N 2 Wonosari tahun ajaran 2012/2013 dengan r sebesar 0.399 (kategori rendah); (3) ada hubungan positif antara persepsi siswa tentang kerja bangku dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar standar kompetensi menggunakan perkakas tangan siswa kelas X jurusan Teknik Pengelasan SMK N 2 Wonosari tahun ajaran 2012/2013 dengan r sebesar 0.473 (kategori sedang).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Oct 2016 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 11:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42381

Actions (login required)

View Item View Item