Ramadhan, Ahmad Naharuddin (2016) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI SISTEM SARAF PADA MANUSIA DALAM BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS XI DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
AHMAD NAHARUDIN RAMADHAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya miskonsepsi, macam miskonsepsi, tingkat miskonsepsi, serta persentase dari setiap macam miskonsepsi yang ditemukan pada materi sistem saraf manusia dalam buku teks Biologi SMA kelas XI berlabel Kurikulum 2013 yang digunakan oleh siswa SMA kelas XI semester II tahun ajaran 2015/2016 di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi dengan objek berupa tiga buku teks biologi SMA Kelas XI berlabel Kurikulum 2013 yang digunakan oleh siswa SMA kelas XI semester II tahun ajaran 2015/2016 di Kota Yogyakarta yang ditentukan melalui hasil survei di delapan SMA Kota Yogyakarta yang telah menerapkan Kurikulum 2013 sejak 2014. Penelitian ini berfokus pada unit analisis yang berupa konsep-konsep teks maupun gambar yang memuat materi tentang sistem saraf manusia. Identifikasi miskonsepsi didasarkan pada 5 kategori: undergeneralizations, obsolete concepts and terms, oversimplifications, overgeneralizations, dan misidentifications yang dilakukan oleh oleh tiga orang panelis yang memenuhi kriteria. Data yang diperoleh dilakukan uji reliabilitas antarpanelis (intercoder reliability) dan dianalisis menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi pada ketiga buku teks biologi SMA Kelas XI berlabel Kurikulum 2013 yang digunakan oleh siswa SMA kelas XI semester II tahun ajaran 2015/2016 di Kota Yogyakarta. Buku A dan B berisi 4 macam miskonsepsi untuk konsep-konsep teks dan gambar yaitu undergeneralizations, oversimplifications, overgeneralizations, dan misidentifications, sedangkan pada buku C ditemukan 5 macam miskonsepsi. Tingkat miskonsepsi yang teridentifikasi dalam buku teks A, B, dan C tergolong rendah. Persentase setiap kategori miskonsepsi teks pada materi sistem saraf manusia secara berturut-turut yaitu: undergeneralization (0,78%), obsolete concepts and terms (0,26%), oversimplifications (3,36%), overgeneralizations (1,55%), dan misidentifications (7,24%). Persentase setiap kategori miskonsepsi gambar secara berturut-turut yaitu: oversimplifications (17,78%) dan misidentifications (11,11%). Kata kunci: buku teks biologi SMA, miskonsepsi, saraf
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 01:59 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42379 |
Actions (login required)
View Item |