PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUNGSI EKSKRETORIK PADA GINJAL MANUSIA BERBASIS LECTORA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA 1

Lestari, Agustina Budi (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUNGSI EKSKRETORIK PADA GINJAL MANUSIA BERBASIS LECTORA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA 1. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
AGUSTINA BUDI LESTARI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan dan mengetahui kelayakan, (2) mengetahui efektifitas media pembelajaran fungsi ekskretorik pada ginjal manusia berbasis Lectora untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI MAN Yogyakarta 1. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek uji coba yaitu 66 siswa kelas XI MAN Yogyakarta 1 yang terdiri dari 33 siswa untuk kelas eksperimen dan 33 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian kelayakan media pembelajaran oleh reviewer, angket tanggapan siswa, dan soal evaluasi hasil belajar. Hasil penilaian kelayakan produk dianalisis dengan modus. Perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dan kontrol dianalisis dengan uji Ancova dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas media pembelajaran secara umum adalah sangat baik dan respon siswa menunjukkan sebagian besar siswa sangat setuju sehingga layak digunakan (2) media pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol dengan p < 0,005 dan terjadi peningkatan hasil belajar kategori sedang. Media pembelajaran fungsi ekskretorik pada ginjal manusia berbasis Lectora ini layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Kata kunci: fungsi ekskertorik pada ginjal manusia, hasil belajar biologi, lectora.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 18 Oct 2016 01:47
Last Modified: 30 Jan 2019 11:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42370

Actions (login required)

View Item View Item