UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT TEKNIK SEPEDA MOTOR DENGAN PENERAPAN METODE CURAH PENDAPAT PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Toto, Ernawan (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT TEKNIK SEPEDA MOTOR DENGAN PENERAPAN METODE CURAH PENDAPAT PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Toto Ernawan 08504245015.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT TEKNIK SEPEDA MOTOR DENGAN PENERAPAN METODE CURAH PENDAPAT PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh : Toto Ernawan 08504245015 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode curah pendapat pada mata diklat Teknik Sepeda Motor kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, pada proses pembelajarannya menggunakan metode curah pendapat. Tahapan yang dilakukan dalam PTK yaitu planning, acting, observing dan reflecting. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI TKB SMK Muhammadiyah Prambanan dengan jumlah 35 siswa pada mata diklat Teknik Sepeda Motor. Sistematika pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus, planning siklus I berdasarkan studi pendahuluan, acting dikelas dengan memberikan metode curah pendapat, observing aktifitas belajar dan hasil belajar siswa selama penggunaan metode curah pendapat pada siklus I, kemudian merefleksikan hasil penelitian. Planning siklus II disusun berdasarkan refleksi siklus pertama, acting dikelas dengan memberikan metode curah pendapat, observing aktifitas belajar dan hasil belajar siswa selama penggunaan metode curah pendapat pada siklus II, kemudian merefleksikan hasil penelitian. Aspek yang diteliti adalah hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diukur dengan melaksanakan pretest pada awal pertemuan dan mengadakan posttest pada akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar siswa pada siklus I, 27 siswa (77,4%) memperoleh nilai ≥ 70,00, siklus II semua siswa (100%) memperoleh nilai ≥70,00. Peningkatan hasil belajar pada siklus I adalah 40%, siklus II adalah 62,8%. Kata kunci : PTK, pemberian metode curah pendapat, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Oct 2016 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 11:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42360

Actions (login required)

View Item View Item