LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

IrfanBagusPurnama, IrfanBagusPurnama (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, manajerial, dan pengalaman mengajar secara nyata. Untuk menempuh program PPL mahasiswa mendapatkan lokasi di SMK Negeri 2 Depok, sleman yang terletak di Jalan STM Pembangunan nomor 1 Mrican, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. SMK Negeri 2 Depok merupakan SMK yang memiliki waktu studi 4 tahun dan terdiri dari 11 kejuruan. Kegiatan PPL yang dilakukan mahasiswa meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan meliputi kegiatan observasi pembelajaran di kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, dan melakukan persiapan mengajar antara lain menyediakan silabus, RPP, modul, bahan ajar, job sheet, administrasi guru, agenda mengajar, dan media pembelajaran. Sedangkan kegiatan pelaksanaan adalah kegiatan mengajar di kelas. Dalam pelaksanaan PPL mahasiswa mendapatkan mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak (autoCAD). Kegiatan PPL dimulai pada tanggal 1 juli 2014 sampai dengan 17 agustus 2014. Mahasiswa PPL mengampu kelas XI TGBA dan XI TGBB. Kegiatan praktik mengajar dilakukan pada setiap hari Senin jam ke-5 sampai dengan jam ke-10 untuk mengajar kelas XI TGBA dan Rabu Jam ke-1 sampai dengan jam ke-5 untuk kelas XI TGBB. Proses pembelajaran berlangsung 14 kali tatap muka. Hasil yang didapat dari kegiatan PPL adalah mendapatkan pengalaman nyata dalam mengajar, baik dari persiapan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Secara umum kegiatan PPL berjalan dengan lancar dan baik. Tidak ada kendala yang menghambat pelaksanaan PPL akan tetapi dalam pelaksanaannya tidak lepas dari hambatan-hambatan, baik itu faktor intern maupun faktor ekstern. Namun dengan adanya bantuan dari guru dan dosen pembimbing hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi sehingga PPL berjalan dengan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Oct 2016 00:17
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42349

Actions (login required)

View Item View Item