Perbandingan Model Graded Response dan Generalized Partial Credit pada Tes Pengetahuan Praktikum Biologi

Ridlo, Saiful (2011) Perbandingan Model Graded Response dan Generalized Partial Credit pada Tes Pengetahuan Praktikum Biologi. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-saiful-ridlo-05701261004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tes pengetahuan praktikum biologi (TPPB) berisi tugas-tugas untuk mengukur pengetahuan kinerja siswa. Respons siswa berupa jawaban bebas atau terbuka dan diskor dengan 3, 5, dan 7 kategori. Permasalahannya: (1) di antara GRM dan GPCM, model apa yang lebih cocok untuk memodelkan hasil penskoran Tes Pengetahuan Praktikum Biologi?, dan (2) informasi apa saja yang dapat diperoleh setelah membandingkan nilai RMSE berbagai kondisi tes yang disimulasikan? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan informasi untuk menyatakan model respons butir politomus (GRM ataukah GPCM) yang lebih cocok dengan data dan (2) menghasilkan informasi yang lebih banyak tentang tes. Penelitian empirik didesain dengan rancangan penelitian deskriptif eksploratori. Partisipan uji coba diambil dari siswa lima SMP kelas VII akhir mewakili peringkat SMP di Kota Yogyakarta sebanyak 1030 siswa. GRM ataukah GPCM yang cocok dipilih berdasarkan maximum data fit (χ2) dan deskripsi hubungan fungsional antara respons peserta tes dengan tingkat kemampuannya yang dinyatakan dalam item characteristic curves (ICC) dan test information curves (TIC). Penelitian simulasi didesain dengan rancangan penelitian faktorial. Melalui simulasi mirip empirik dan ideal telah dianalisis pengaruh GRM dan GPCM yang digunakan sebagai pengkalibrasi pola respons dan pembangkitan karakteristik item; berbagai ukuran sampel 250, 500, 1000, 1500, dan 2000 siswa; dan panjang tes 4, 8, dan 16 item yang terdiri atas sepuluh macam kasus panjang tes terhadap nilai RMSE parameter kemampuan dan item. Nilai RMSE dibandingkan secara deskriptif dan statistik nonparametrik dengan menggunakan Kruskal-Wallis Test sehingga dapat diketahui berbagai informasi tentang kondisi tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GPCM lebih cocok dibanding GRM untuk memodelkan penskoran Tes Pengetahuan Praktikum Biologi berdasarkan hasil uji fit dengan χ2, ICC dan TIC. Berbagai informasi yang dihasilkan dari studi simulasi adalah sebagai berikut. Pertama, model teori respons butir politomus (TRBP) untuk pembangkitan karaketeristik item dan panjang tes termasuk kasus panjang tes berpengaruh terhadap nilai RMSE parameter θ. Ukuran sampel 250, 500, 1000, 1500, dan 2000 siswa tidak memberikan perbedaan yang signifikans terhadap RMSE parameter kemampuan. Kedua, faktor yang mempengaruhi RMSE parameter item adalah model TRBP pembangkitan karakteristik item, model TRBP kalibrasi pola respons hasil simulasi, atau kombinasi keduanya. Item-item pada bank soal yang dibentuk dari hasil kalibrasi GRM maka sebaiknya direparametrisasi dengan GRM, begitu juga dengan GPCM. Ukuran sampel 250, 500, 1000, 1500, dan 2000 siswa dan panjang tes 4, 8, dan 16 item tidak memberikan perbedaan yang signifikans terhadap RMSE parameter item. Ketiga, model TRPB pembangkitan karakteristik item untuk simulasi merupakan faktor yang mempengaruhi perbedaan nilai RMSE parameter a. Keempat, model TRBP kalibrasi pola respons hasil simulasi merupakan faktor yang mempengaruhi nilai RMSE parameter kesukaran kategori respons, bk.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model Graded Response, Generalized Partial Credit, Tes Pengetahuan Praktikum Biologi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2016 07:49
Last Modified: 03 Aug 2022 08:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42346

Actions (login required)

View Item View Item