Karakteristik Metode Penyetaraan Skor Tes untuk Data Dikotomos

Aminah, Nonoh Siti (2011) Karakteristik Metode Penyetaraan Skor Tes untuk Data Dikotomos. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-nonoh-siti-aminah-06701261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Menemukan akurasi estimasi parameter item pada test equating menggunakan metode Item Characteristic Curve (ICC). 2) Menemukan sensitivitas metode linear yang terdiri atas Tucker - Levine score method dan Levine true score method applied to observed scores serta metode equipercentile yang terdiri atas metode Braun-Holland linear dan chained equipercentile. Data yang digunakan data empiris yang berasal dari pola respons siswa peserta Ulangan Akhir Semester V Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Tahun Ajaran 2009/2010. SMPN 1 Lebakwangi Kuningan, SMPN 3 Cilimus Kuningan, dan SMPN 2 Gunungjati Cirebon. Mata pelajaran IPA SMP terdiri atas Fisika dan Biologi. Materi tersebut diberikan oleh dua guru yang berbeda. Materi Fisika diberikan oleh guru yang memiliki kompetensi pada bidang Fisika, materi Biologi diberikan oleh guru yang memiliki kompetensi pada bidang Biologi. Penyetaraan tes menggunakan anchor test design. Anchor test bersifat external, anchor test berfungsi sebagai pengait antara tes yang disetarakan. Item anchor berisi 10 item materi Fisika. Banyak item pada tes A 55 item, tes B 55 item dan tes C 50 item. Pola penyetaraan yang digunakan pola kelompok, sehingga banyak item hasil penyetaraan berjumlah 140 item terdiri atas 10 anchor item milik bersama, 45 item berasal dari tes A, 45 item berasal dari tes B, dan 40 item berasal dari tes C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Estimasi parameter item pada penyetaraan tes menggunakan metode Item Characteristic Curva (ICC) menghasilkan formula indeks kesulitan item bB = 1.88bA - 0.05, dan bC = 1.45bB - 0.23, atau bC = 2.72 bA - 0.02, dan indeks daya beda item αB = α A /1.88, dan αC = α B /1.45, atau αC = αA /2.72. Nilai RMSD (a) sebesar 0.04873 dan nilai RMSD (b) sebesar 0.0117. Simpulan yang diperoleh, akurasi estimasi parameter item pada test equating menggunakan metode ICC berdasarkan nilai root mean square difference (RMSD) pada kedua parameter item relatif baik (RMSD ≤ 0.1 untuk indeks daya beda item, dan RMSD ≤ 0.1 untuk indeks kesulitan item). 2) Secara keseluruhan, sensitivitas berbagai metode penyetaraan berdasarkan hasil hitung RMSE ≤ 0.1, hal ini menunjukkan sensitivitas dari berbagai metode penyetaraan tinggi. Penyetaraan menggunakan metode linear memiliki sensitivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode equipercentile. Sensitivitas metode penyetaraan yang paling tinggi yaitu Tucker – Levine method. Urutan sensitivitas metode penyetaraan dari paling tinggi sampai paling rendah yaitu 1) Tucker – Levine method, 2) Levine method, 3) Braun - Holland linear method. 4) Chained Equipercentile Equating method.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: metode penyetaraan, skor tes, data dikotomos
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2016 06:22
Last Modified: 27 Jul 2022 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42344

Actions (login required)

View Item View Item