PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA BERBASISANDROID DENGAN MOBILE LEARNING PADA MATERI KONFIGURASI ELEKTRON DAN TABEL PERIODIK UNSUR

Irawan, Rony (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA BERBASISANDROID DENGAN MOBILE LEARNING PADA MATERI KONFIGURASI ELEKTRON DAN TABEL PERIODIK UNSUR. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI Rony.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan dan mengetahui penilaian kualitas tanggapan guru terhadap mobile learning sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA berbasis android pada materi konfigurasi elektron dan tabel preiodik unsur. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian prosedural. Prosedur penelitian pengembangan mobile learning mengikuti langkah -langkah yang dikemukakan Brog & Gall yang terdiri dari, Analyze (analisis) Design (Desain) Development (Pengembangan) Implementation (Implementasi). Subjek dalam penelitian ini adalah mobile learning sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA pada materi tabel periodik unsur. Objek dalam penelitian ini adalah kualitas mobile learning sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA pada materi tabel periodik unsur ditinjau dari penilaian aspek materi dan soal, kebahasaan, keterlaksanaan, tampilan audio visual, dan rekayasa perangkat lunak. Instrumen penilaian dari penelitian ini terdiri dari lembar masukan untuk dosen pembimbing, ahli materi, ahli media dan peer reviewer serta angket berupa daftar isian untuk reviewer. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui tahap-tahap pengembangan mobile learning sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA berbasis android pada materi konfigurasi elektron dan tabel periodik unsur yaitu pertama pembuatan software mobile learning mengunakan program Adobe Flash Proffessional CS6. Mobile learning layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA berbasis android pada materi konfigurasi elektron dan tabel periodik unsur. Semua aspek penilaian, yaitu aspek materi dan soal, kebahasaan, keterlaksanaan, tampilan audio visual, rekayasa perangkat lunak berdasarkan penilaian darireviewer temasuk dalam kategori Sangat Baik, sedangkan kualitas mobile learning sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA pada materi konfigurasi elektron dan tabel periodik unsur berdasarkan penilaian reviewer memperoleh skor rata-rata = 109,2 ( > 105,1), sehingga termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 87,36%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 14 Oct 2016 03:55
Last Modified: 30 Jan 2019 11:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42343

Actions (login required)

View Item View Item