PEMBELAJARAN BATIK CEMOL PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI 1 BANTUL

Kamayangan, Dhara Dinda (2016) PEMBELAJARAN BATIK CEMOL PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
Dhara Dinda Kamayangan_Full.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran batik cemol pada anak tunarungu di SLB Negeri 1 Bantul yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran batik cemol, pelaksanaan pembelajaran batik cemol, dan evaluasi pembelajaran batik cemol. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan tiga cara, yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini instrumen utama yang digunakan ialah peneliti sendiri (human instrument), yang didalamnya menggunakan bantuan instrumen lain seperti pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Analisis data pada penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, display atau penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan atau persiapan pembelajaran batik cemol pada anak tunarungu di SLB Negeri 1 Bantul menggunakan sistem kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang kemudian dirancang silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menyesuaikan karakteristik dan kemampuan dari peserta didik, (2) Pelaksanaan pembelajaran batik cemol pada anak tunarungu di SLB Negeri 1 Bantul dilaksanakan sesuai dengan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dirancang oleh guru batik. Dalam pelaksanaan pembelajaraan batik guru menggunakan beberapa strategi dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dari peserta didik, (3) Evaluasi pembelajaran batik cemol yang dilakukan oleh guru dapat dilihat bahwa hasil penilaian dari pembelajaran batik dilakukan dengan tiga cara yakni melalui tes lisan berisyarat, tes tertulis, dan unjuk karya. Dengan melakukan tiga tes tersebut dapat diketahui kemampuan peserta didik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dari hasil penilaian yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran batik cemol, dapat disimpulkan bahwa ketiga peserta didik yakni Dominica Alamanda Arum Sari, Gusti Muhammad Imadudin, dan Bayu Nugroho mampu memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh sekolah. Kata kunci : Pembelajaran, Batik Cemol, Anak Tunarungu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Kerajinan
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 14 Oct 2016 03:24
Last Modified: 30 Jan 2019 11:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42340

Actions (login required)

View Item View Item