PENGEMBANGAN SAMSAK REAKSI ELEKTRIK BERBASIS FLIP FLOP ACAK CABANG OLAHRAGA BELADIRI

Rifqi, Muhammad Nur (2016) PENGEMBANGAN SAMSAK REAKSI ELEKTRIK BERBASIS FLIP FLOP ACAK CABANG OLAHRAGA BELADIRI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Muhammad Nur Rifqi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sedikitnya sarana untuk melatih kecepatan reaksi tendangan dan pukulan cabang beladiri di Indonesia menjadi salah satu permasalahan atlet dalam melakukan latihan kecepatan reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk sarana latihan kecepatan reaksi dalam cabang olahraga beladiri berupa “Samsak Elektrik”. Desain yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang akan menghasilkan suatu produk. Subjek uji coba adalah mahasiswa UKM taekwondo, pencak silat, dan karate UNY yang ditunjuk dari masing-masing UKM 7 orang, sehingga total subjek uji coba adalah 21 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah sebuah produk sarana latihan kecepatan reaksi dalam cabang olahraga beladiri berupa “Samsak Elektrik”. Secara keseluruhan data hasil validasi menurut ahli materi adalah “sangat baik” dengan rerata skor 4,49. Akumulasi data hasil validasi menurut ahli media adalah “baik” dengan rerata skor 4,0. Data penilaian subjek uji coba secara keseluruhan adalah “baik” dengan rerata skor penilaian sebesar 3,98. Kesimpulan penilaian produk “Samsak Elektrik” secara keseluruhan adalah “sangat baik” sebagai media atau sarana latihan kecepatan reaksi tendangan dan pukulan cabang olahraga beladiri

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: samsak, elektrik flip flop acak, beladiri
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Oct 2016 02:53
Last Modified: 30 Jan 2019 11:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42336

Actions (login required)

View Item View Item