Zulianto, Tri (2016) ANALISIS FORMAL KARYA LUKIS BAYU WARDHANA. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
|
Text
TAS TRI ZULIANTO.PDF Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tema dan bentuk lukisan karya Bayu Wardhana, masalah yang dibahas yaitu tema dan bentuk lukisan karya Bayu Wardhana. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan objek material lukisan dan objek formal pengamatan dan wawancara. Peneliti memilih 6 karya Bayu wardhana yang representative dan dianalisis dengan meminjam teori analisis formal dari Edmund Burke Fedman. Hasil penelilian menunjukan : (1) Tema dalam lukisan karya Bayu wardhana berupa keindahan Alam beserta berbagai aktifitas kehidupan didalamnya. Tema tersebut yang menjadi konsep Bayu dalam melukis, karena Kecintaan Bayu terhadap alam membuatnya menemukan keindahan-keindahan didalamnya untuk dieksplor dan visualisasikan kekanvas. Sedangkan proses penciptaan lukisan Bayu wardhana dengan gaya on the spot agar lebih bebas berekspresi secara spontan dengan mendatangi objek tempat yang akan Ia lukis, proses dalam melukis Bayu dengan prinsip mengejar sinar matahari, dengan memanfaatkan sinar matahari Ia sesegera mungkin menyelesaikan lukisannya untuk mendapatkan kesempurnaan gelap terang dalam objek lukisannya. (2) Bentuk karya lukis dari Bayu Wadhana yaitu ekspresif-impresionis dengan goresan yang kasar dan tidak beraturan namun membentuk objek yang digambar, hal tersebut menjadi cirikhas dalam lukisan karyanya, ketegasan dan keberanian dalam menggores serta pengolahan warna yang bertumpuk dari berbagai warna dengan kesempurnaan gelap terang dapat terlihat dalm lukisannya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 02:55 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42335 |
Actions (login required)
View Item |