HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA MENGAJAR GURU DENGAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Titin, Widyaningtiyas (2016) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA MENGAJAR GURU DENGAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TITIN WIDYANINGTIYAS 08511244013.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA MENGAJAR GURU DENGAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA Oleh : Titin Widyaningtiyas 08511244013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Persepsi siswa tentang gaya mengajar guru di SMK N 6 Yogyakarta; (2) ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengolahan makanan kontinental di SMK N 6 Yogyakarta; dan (3) Hubungan persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dengan ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengolahan makanan kontinental siswa kelas XII SMK N 6 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan populasi 194 siswa dan mengambil sampel penelitian sebanyak 63 siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII Jasa Boga SMK N 6 Yogyakarta dari Januari 2013 sampai Maret 2014. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Tingkat validitas instrumen dari 49 butir pernyataan dinyatakan 4 butir pernyataan tidak valid dan 45 butir pernyataan dinyatakan valid. Tingkat reliablitas memiliki keandalan koefisien sebesar 0,963 > alpha (0,6) berarti instrumen gaya mengajar guru dikatakan reliabel pada tingkat keandalan koefisien sangat tinggi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan linieritas dengan hasil uji normalitas nilai x sebesar 0,433 dan nilai y sebesar 0,488 > alpha (0,05%) dinyatakan berdistribusi normal sedangkan hasil uji linieritas f hitung 1,693 > alpha (0,05%) dinyatakan linier. Teknik analisis yang digunakan adalah product moment dengan menggunakan bantuan program statistik SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa tentang gaya mengajar guru di SMK N 6 Yogyakarta secara keseluruhan dalam kategori baik meliputi: tujuan pembelajaran, metode/gaya guru mengajar, materi dan media pembelajaran, pengelolaan kelas, evaluasi dan pemberian nilai, penampilan sikap guru; (2) Ketuntasan hasil belajar siswa secara keseluruhan masuk dalam kategori baik. Dari hasil ini memberikan pengertian bahwa untuk meningkatkan hasil belajar, guru dapat memperbaiki gaya mengajar guru agar menghilangkan kebosanan dan kejenuhan siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru; (3) Hasil menunjukkan bahwa rhitung 0,413 lebih besar rtabel 0,254. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga kesimpulan terdapat ada hubungan positif yang signifikan antara gaya mengajar guru (X) dengan ketuntasan hasil belajar (Y) siswa di SMK N 6 Yogyakarta. Kata kunci : persepsi siswa, gaya mengajar guru, ketuntasan hasil belajar, pengolahan makanan kontinental.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Oct 2016 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 11:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42325

Actions (login required)

View Item View Item