Model Asesmen Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Menengah Atas

Faraz, Nahiyah Jaidi (2011) Model Asesmen Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Menengah Atas. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-nahiyah-jaidi-faraz-06701261004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi konstrak kepemimpinan transformasional kepala sekolah; (2) mengetahui profil kepemimpinan transformasional kepala sekolah berdasarkan asesmen guru dan hubungannya dengan kinerja sekolah; (3) memperoleh model asesmen kepemimpinan transformasional kepala sekolah oleh guru; dan (4) mengetahui besarnya perbedaan kepemimpinan transformasional kepala sekolah menengah atas negeri dan swasta berdasarkan asesmen guru. Tempat uji model penelitian ini adalah Sekolah Menengah Atas Negeri dan Swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta, berjumlah 172 sekolah. Guru sebagai sumber data terhadap asesmen kepemimpinan transformasional kepala sekolah, berjumlah 5873 orang. Besarnya sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Cochran sebesar 18 SMA negeri dan SMA swasta, dengan teknik sampling proportionate random sampling. Diasumsikan setiap SMA negeri maupun swasta diwakili 20 orang guru sehingga diperoleh sumber data 360 guru laki-laki dan perempuan dari semua bidang studi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, Key Performance indicator yang dimodifikasi dan dokumentasi. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data asesmen guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Key Performance Indicator yang dimodifikasi untuk mengumpulkan data tentang kinerja sekolah yakni outcome dan output. Dokumentasi digunakan untuk melengkapi data kinerja sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Tata Jenjang (rank order correlation) untuk menghitung hubungan dua variabel data ordinal, first–order confirmatory factor analysis, second – order confirmatory factor analysis dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konstrak kepemimpinan transformasional secara teori dihipotesiskan cocok (fit) dengan data empiris, yang didukung semua indikator, dan koefisien determinan yang cukup tinggi dan signifikan (2) Profil kepemimpinan transformasional kepala sekolah berdasarkan asesmen guru, faktor keteladanan tertinggi pada kategori tinggi dan motivasi inspiratif berada pada kategori sedang. Diperoleh skor rata-rata motivasi inspiratif tertinggi baik pada kategori tinggi maupun kategori sedang.(3) Ada hubungan yang signifikan antara asesmen guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan hasil UN baik pada SMA negeri maupun SMA swasta dan berdasarkan urutan, SMA negeri lebih baik dari SMA swasta. Sebaliknya tidak ada hubungan yang signifikan antara asesmen guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan akreditasi SMA negeri maupun swasta.(4) Model asesmen kepemimpinan transformasional kepala sekolah oleh guru cocok (fit) dengan model yang dihipotesiskan, yang didukung muatan faktor, dengan semua indikator dan koefisien determinan yang cukup tinggi dan signifikan. (5). Terdapat perbedaan hasil asesmen guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan faktor-faktor nya - hasil asesmen guru SMA negeri lebih baik dari SMA swasta, dalam aspek sumber daya guru dan kepala sekolah, pelaksanan pembelajaran dan jaringan kerjasamanya.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model asesmen, kepemimpinan transformasional
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2016 11:40
Last Modified: 28 Jul 2022 04:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42317

Actions (login required)

View Item View Item