Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif dan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Narasi Faktual

Nurhayati, Amerentiana Gabriella (2016) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif dan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Narasi Faktual. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gabriella-amerentiana-14715251010.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menguji keefektifan model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks narasi faktual; 2) mengetahui ada tidaknya perbedaan keefektifan kedua model pembelajaran tersebut; 3) mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif antara model pembelajaran kooperatif dengan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks narasi faktual. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu nonequivalen control design. Desain penelitian ini terdapat tiga kelompok, kelompok pertama diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif, kelompok kedua diberi perlakuan model pembelajaran kontekstual, dan kelompok ketiga adalah kelompok kontrol, tidak diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif maupun model pembelajaran kontekstual. Populasi penelitian mencakup seluruh SMA Negeri di Kabupaten Sleman yang menggunakan kurikulum 2006. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan teknik tes. Instrumen pengumpulan data yaitu rubrik penilaian keterampilan menulis teks narasi faktual. Analisis data menggunakan uji anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar menulis teks narasi faktual siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif; 2) hasil belajar menulis teks narasi faktual siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kontekstual; 3) hasil belajar menulis teks narasi faktual siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual; 4) model pembelajaran kooperatif efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks narasi faktual; 5) model pembelajaran kontekstual efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks narasi faktual; 6) model pembelajaran kooperatif lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks narasi faktual daripada model pembelajaran kontekstual.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran kooperatif, Model Pembelajaran Kontekstual, dan Menulis Teks Narasi Faktual
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Oct 2016 07:45
Last Modified: 09 May 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42313

Actions (login required)

View Item View Item