Pengembangan Instrumen Asesmen Pendidikan Karakter Taman Kanak-Kanak

Poerwanti, Endang (2011) Pengembangan Instrumen Asesmen Pendidikan Karakter Taman Kanak-Kanak. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-endang-poerwanti-027126003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah upaya untuk menanamkan kebiasaan, agar anak selalu berpikir, bersikap dan berperilaku berdasar nilai-nilai kebaikan. Selama ini belum tersusun ukuran-ukuran keberhasilan pendidikan karakter di TK, sehingga perlu dikembangkan instrumen asesmen yang mencerminkan indikator perkembangan pengetahuan, sikap dan perilaku anak TK terkait dengan nilai-nilai kebaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen pendidikan karakter di TK dan melakukan analisis hasil penggunaan instrumen dalam konteks TK yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Proses pengembangan dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: (1) tahap studi awal dapat menetapkan empat aspek karakter yaitu aspek keTuhanan, aspek personal, aspek sosial, dan kebangsaan, (2) tahap perancangan dan pengembangan dilakukan melalui diskusi dengan pakar dan praktisi pendidikan TK, menghasilkan konstruk instrumen dan instrumen asesmen pendidikan karakter berupa inventori yang diisi guru, instrumen terdiri dari 11 nilai sebagai pilar karakter yang dijabarkan menjadi 88 indikator pengetahuan, sikap dan perilaku anak TK terkait nilai-nilai kebaikan berdasar standar perkembangan dan perkembangan dasar anak TK, dan (3) tahap ujicoba dilakukan pada enam TK di kota Malang yang ditetapkan secara purposive dengan pertimbangan variasi visi, misi, dan kualitas TK. Sekolah sampel adalah TK Negeri Pembina, TK Anak Saleh, TK Permata Iman, TK Sang Timur, BA Restu, dan TK Dian Agung. Masing-masing TK diwakili oleh satu Kelas Nol Kecil dan satu Kelas Nol Besar; sampel siswa berjumlah 226 siswa. Interview, observasi, dan FGD digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif konteks institusional. Analisis faktor konfirmatori digunakan untuk menguji kecocokan konstruk variabel. Data ujicoba terpakai, dianalisis dengan uji beda dan analisis kualitatif, untuk mendeskripsikan hasil penggunaan instrumen dalam konteks TK yang berbeda. Penelitian menghasilkan tiga kesimpulan, yaitu: (1) guru sudah mengembangkan pembelajaran berbasis pendidikan karakter, meskipun tidak dinamakan sebagai pendidikan karakter. Pengembangan berbagai aspek karakter masuk dalam bidang pengembangan pembiasaan yaitu pengembangan nilai moral dan nilai-nilai agama, serta pengembangan sosial, emosional, dan kemandirian, (2) instrumen asesmen yang cocok untuk melakukan asesmen pendidikan karakter di TK adalah inventori yang diisi oleh guru, berupa rating scale pada 88 indikator pengetahuan, sikap dan perilaku anak TK terkait nilai-nilai kebaikan dengan skor intensitas pada rentang 14, dan (3) analsisis hasil penggunaan instrumen pada konteks TK yang berbeda menunjukkan bahwa secara umum skor total pendidikan karakter yang ada pada semua TK sampel sudah menunjukkan hasil yang baik; lima TK menunjukkan skor rata-rata di atas 3, pada semua TK skor paling tinggi ada pada nilai-nilai kerjasama, urutan kedua adalah nilai hormat, dan skor paling rendah adalah nilai kebangsaan. Data kualitatif menunjukkan bahwa semua TK mengembangkan pembelajaran berpedoman pada kurikulum 2004, yang terdiri dari dua bidang pengembangan yaitu bidang pengembangan pembiasaan dan kemampuan dasar. Dalam bidang pengembangan pembiasaan inilah tercakup pendidikan karakter. Bidang pengembangan kemampuan dasar adalah kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak, khususnya dalam menyiapkan anak memasuki pendidikan formal.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: instrumen, asesmen, pendidikan karakter, Taman Kanak-Kanak
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2016 07:43
Last Modified: 03 Aug 2022 04:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42310

Actions (login required)

View Item View Item