[Ringkasan Skripsi] Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IIS SMA

Susilo, Teguh Tri (2016) [Ringkasan Skripsi] Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IIS SMA. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Ringkasan Skripsi Digital)
Ringkasan(12405241033).swf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) berbantuan media video untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IIS SMA N 7 Purworejo Tahun ajaran 2015/2016 Penelitian ini merupakan Penelitan Quasi Experimen Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA N 7 Purworejo sebanyak 94 siswa dengan sampelnya siswa kelas XI IIS 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa kelas XI IIS 3 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran diskusi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling berdasarkan kesamaan nilai ulangan harian pada bab sebelumnya. Pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar. Validitas instrumen dilakukan dengan validasi logis oleh ahli (expert judgement) mencakup validitas konstruk, validitas konten, sedangkan validitas empiris tes hasil belajar dilakukan dengan menggunakan korelasi Product Moment dengan bantuan program SPSS 17.0, untuk reliabilitas instrument dengan Cronbach’s Alpha. Uji normalitas menggunakan Kolmogorof Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene’s Test. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan gain score dari data nilai pre-test dan data nilai post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa. Perhitungan dengan gain score diperoleh rerata kelas eksperimen dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media video sebesar 0.429 dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran diskusi sebesar 0.353, sedangkan perhitungan t-test diperolah nilai t sebesar 4.735 dan p sebesar 0.000. Kata Kunci: Student Teams-Achievement Divisions (STAD), diskusi, dan hasil belajar geografi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 13 Oct 2016 01:28
Last Modified: 30 Jan 2019 11:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42285

Actions (login required)

View Item View Item