Timbul, Santoso (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEORI PERBAIKAN ENGINE BERIKUT KOMPONENNYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS XI B PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK DIPONEGORO DEPOK. S1 thesis, fakultas Teknik.
|
Text
Timbul Santoso 05504241015.pdf Download (46MB) | Preview |
Abstract
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEORI PERBAIKAN ENGINE BERIKUT KOMPONENNYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS XI B PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK DIPONEGORO DEPOK Timbul Santoso 05504241015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar teori perbaikan engine berikut komponennya melalui model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe peta konsep (concept mapping) pada siswa kelas XI B program keahlian teknik sepeda motor di SMK Diponegoro. Penelitian dilakukan di SMK Diponegoro Depok, Sleman, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI B yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melalui pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe peta konsep. Model/desain penelitian yang diterapkan mengacu pada model Kurt Lewin yang dilakukan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 3 siklus. Pelaksanaan siklus dimulai dari tahap perencanaan penelitian berdasarkan studi pendahuluan. Tahap pelaksanaan tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe peta konsep, meliputi; penyajian materi, pembentukan kelompok, diskusi kelompok, presentasi kelas dan evaluasi untuk mengetahui prestasi hasil belajar siswa. Tahap pengamatan yaitu dengan mengisi lembar observasi keterlaksanaan proses pembelajaran kooperatif tipe peta konsep oleh observer. Tahap refleksi yaitu mengevaluasi pencapaian dan kekurangan dari tiap-tiap siklus untuk perbaikan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat pada setiap siklus setelah diterapkan pendekatan pembelajaran model kooperatif tipe peta konsep. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya rata-rata persentase nilai teori perbaikan engine berikut komponennya dan ketercapaian ketuntasan belajar siswa yang mengacu pada KKM. Pada siklus 1 rata – rata prestasi belajar siswa mencapai 75,87 dengan presentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 64,70% atau sebanyak 11 siswa. Pada siklus 2 rata – rata prestasi belajar siswa meningkat menjadi 77,42 dengan persentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat 11,70% menjadi 76,40%, meningkat 2 siswa menjadi 13 siswa. Pada siklus 3 rata – rata prestasi belajar menjadi 75,35 dengan persentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat 5,90% menjadi 82,30%, meningkat 1 siswa menjadi 14 siswa. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif tipe peta konsep, motivasi, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 01:16 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42284 |
Actions (login required)
View Item |