Pemanfaatan Twitter sebagai Sumber Belajar Geografi dalam Perkuliahan di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Yogyakarta

Mandasari, Rizky (2016) Pemanfaatan Twitter sebagai Sumber Belajar Geografi dalam Perkuliahan di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Yogyakarta. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 09405241015.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan sumber belajar geografi berbasis Twitter dalam perkuliahan semester 1 dan 2 di jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif yaitu berusaha mendeskripsikan segala sesuatu yang ada di lapangan sebagaimana adanya dan mengungkap fakta-fakta yang ada. Variabel dalam penelitian ini adalah intensitas penggunaan Twitter dan motivasi belajar geografi. Populasi penelitian adalah 42 mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan 2015 yang memiliki akun Twitter. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan studi dokumentasi. Validitas instrumen dihitung dengan Pearson Product Moment, sedangkan reliabilitas dihitung dengan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar geografi berbasis Twitter dalam perkuliahan semester 1 dan 2 di jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Yogyakarta termasuk dalam kategori tinggi. Dideskripsikan bahwa penggunaan Twitter pada mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi angkatan 2015 Universitas Negeri Yogyakarta dari 42 mahasiswa termasuk dalam kategori Tinggi 40,48%. Sumber belajar geografi pada mahasiswa semester 1 dan 2 di jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Yogyakarta dari 42 mahasiswa termasuk dalam kategori Tinggi 35,72%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 13 Oct 2016 01:00
Last Modified: 30 Jan 2019 11:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42280

Actions (login required)

View Item View Item