PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN SMK N 1 PURWOREJO

Widodo, Teguh (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN SMK N 1 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Teguh Widodo 11503247020.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin kelas X TPA SMK N 1 Puroworejo, dan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin kelas X TPA SMK N 1 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus yang setiap siklusnya menggunakan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian ada 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi, lembar posstest, dan LKS sebagai penunjang dalam pengaplikasian model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data tentang motivasi diperoleh melalui angket dan dianalisis menggunakan uji t. Data tentang prestasi belajar diperoleh melalui tes yang kemudian dibandingkan, untuk mengetahui signifikasnsinya dilakukan uji t. Data hasil motivasi dan prestasi belajar dikorelasikan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan motivasi berdasarkan kenaikan rata-rata tetapi berdasarkan uji t peningkatanya tidak signifikan. Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengetahuan dasar teknik mesin dapat dilihat pada nilai ratarata siswa yang semula pada siklus I sebesar 5,98 meningkat menjadi 7,40 pada siklus II tetapi berdasarkan uji t peningkatanya tidak signifikan. Korelasi antara motivasi belajar dan prestasi belajar korelasi product moment dan dilihat pada tabel interprestasi terhadap koefisien korelasi menunjukan adanya korelasi yang sangat kuat antara motivasi belajar dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Division (STAD), motivasi dan hasil belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 13 Oct 2016 00:45
Last Modified: 05 Mar 2019 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42276

Actions (login required)

View Item View Item