PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN PRAKTEK MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK (AUTOCAD) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN

Tegar, Feriantoro (2016) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN PRAKTEK MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK (AUTOCAD) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tegar F 08505241009.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN PRAKTEK MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK (AUTOCAD) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Oleh: Tegar Feriantoro NIM. 08505241009 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran praktek Menggambar dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) di SMK Negeri 3 Yogyakarta program keahlian Teknik Gambar Bangunan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman analisis Silabus, pedoman analisis RPP, pedoman observasi kegiatan pembelajaran di kelas, angket karakter siswa, pedoman wawancara guru, dan pedoman wawancara siswa. Keenam instrumen tersebut telah divalidasi melalui expert judgement. Objek penelitian ini meliputi siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods research dengan memadukan antara data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) silabus dan RPP mata pelajaran praktek Menggambar dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) kelas X sudah bermuatan pendidikan karakter, namun rumusan kegiatan pembelajaran masih terlalu umum dan belum ada kesesuaian dengan karakter yang dirumuskan, indikator pencapaian kompetensi pada silabus belum memuat pendidikan karakter / ranah afektif; 2) pada pelaksanaan pembelajaran dikelas ditemukan kekurangan pada tahapan eksplorasi dan elaborasi; 3) guru belum melaksanakan evaluasi terstruktur untuk ranah afektif, evaluasi masih terbatas untuk ranah kognitif dan psikomotor; 4) kondisi karakter siswa dengan indikator jujur memperoleh persentase 73.74%, disiplin 84.38%, kerja keras 72.97%, kreatif 76.74%, mandiri 77.69%, rasa ingin tahu 81.03%, menghargai prestasi 79.36%, dan tanggung jawab 85.76%; 5) tingkatan dalam taksonomi Krathwohl diketahui bahwa indikator receiving memperoleh persentase 86.53%, responding 72.77%, valuing 84.81%, organization 82.68%, dan characterization 71.53%; 6) kendala yang dihadapi guru adalah perbedaan sumber daya manusia yang masuk, dimana karakter antara satu siswa dengan siswa yang lain berbeda-beda, sehingga diperlukan penanganan yang berbeda pula bagi setiap siswa. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Integrasi, Pembelajaran Praktek, Taksonomi Krathwohl.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 13 Oct 2016 00:36
Last Modified: 30 Jan 2019 11:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42274

Actions (login required)

View Item View Item