PENGARUH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PENDIDIK, MANAJER, MOTIVATOR, DAN SUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Tawakal, Setiadi (2016) PENGARUH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PENDIDIK, MANAJER, MOTIVATOR, DAN SUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tawakal Setiadi 10502247012.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PENDIDIK, MANAJER, MOTIVATOR, DAN SUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Oleh: Tawakal Setiadi 10502247012 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kepala sekolah sebagai pendidik, manajer, motivator, dan supervisor terhadap kinerja guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta, 2) faktor apakah yang memiliki pengaruh paling besar diantara faktor kepala sekolah sebagai pendidik, manajer, motivator dan supervisor terhadap kinerja guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 40 orang guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Variabel penelitian adalah kepala sekolah sebagai pendidik (X1), kepala sekolah sebagai manajer (X2), kepala sekolah sebagai motivator (X3), kepala sekolah sebagai supervisor (X4), dan kinerja guru (Y). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan metode analisis menggunakan Regresi Sederhana dan Ganda 4 Prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sebagai pendidik, manajer, motivator dan supervisor berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta hal ini dapat diketahui dari Rhitung (0,0497) > Rtabel (0,304). Sumbangan relatif yang diberikan tiap variabel adalah kepala sekolah sebagai supervisor 46,4%, kepala sekolah sebagai motivator sebesar 28,23%, kepala sekolah sebagai manajer sebesar 16,98%, dan terakhir Kepala sekolah sebagai pendidik 8,39%. Dengan demikian faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta adalah kepala sekolah sebagai supervisor. Kata kunci: Kepala Sekolah, Pendidik, Manajer, Motivator, Supervisor, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 13 Oct 2016 00:25
Last Modified: 30 Jan 2019 11:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42271

Actions (login required)

View Item View Item