Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA Kelas XI Semester Genap Menggunakan Pendekatan Inquiry Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu Siswa.

Indria, Alfizah Ayu (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA Kelas XI Semester Genap Menggunakan Pendekatan Inquiry Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-alfizah-ayu-indria-14709251031.swf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMA kelas XI MIA semester genap dengan pendekatan Inquiry yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu siswa yang berkualitas berdasarkan aspek: (1) kevalidan, (2) kepraktisan, dan (3) keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Proses validasi melibatkan tiga validator. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Godean. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan berpikir kritis siswa, dan angket rasa ingin tahu siswa. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan mengkonversi skor aktual menjadi skor kualitatif. Analisis keefektifan dilakukan dengan menentukan persentase ketuntasan siswa pada tes kemampuan berpikir kritis dan rata-rata skor angket rasa ingin tahu. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika SMA kelas XI MIA semester genap dengan pendekatan Inquiry yang berupa RPP dan LKS. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor validasi RPP berada pada kategori sangat baik dan rata-rata skor validasi LKS berada pada kategori baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian kepraktisan oleh guru berada pada kategori sangat baik, penilaian kepraktisan oleh siswa berada pada kriteria baik, dan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran telah berada di atas 90%. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata persentase ketuntasan sebesar 78% dan rata-rata skor angket rasa ingin tahu siswa berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran matematika, pendekatan inquiry, kemampuan berpikir kritis, rasa ingin tahu.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Oct 2016 01:54
Last Modified: 09 May 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42246

Actions (login required)

View Item View Item