Model Pembelajaran Aktivitas Luar Kelas Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA di Kota Pangkalpinang.

Yazid, Muhammad (2016) Model Pembelajaran Aktivitas Luar Kelas Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA di Kota Pangkalpinang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-yazid-14711251062.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model aktivitas luar kelas berbasis kearifan lokal dan (2) mengetahui keefektifan penggunaan model tersebut untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas dua tahap, yaitu: tahap pendahuluan dan tahap pengembangan.Tahap pendahuluan terdiri dari: kajian literatur, kajian penelitian relevan, observasi, dan studi lapangan. Tahap pengembangan terdiri dari: penyusunan draf awal, validasi ahli, uji coba instrumen, ujicoba skala kecil, ujicoba skala besar, produk akhir, dan uji keefektifan. Validasi ahli melibatkan dua orang ahli dengan menggunakan teknik delphi. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 30 siswa dan seorang guru di SMA Negeri 2 Pangkalpinang. Ujicoba skala besar dilakukan terhadap 60 siswa dan dua guru di SMA Negeri 2 Pangkalpinang. Desain uji lapangan menggunakan times series design. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner, observasi, dan tes. Analisis data untuk menentukan validitas menggunakan Content Validity Ratio (CVR). Analisis data untuk uji keefektifan menggunakan uji Wilcoxson. Hasil penelitian ini berupa model aktivitas luar kelas berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA di Kota Pangkalpinang yang dibuat menjadi buku pembelajaran. Hasil dari penilaian ahli terhadap materi ajar yang dikembangkan adalah valid. Berdasarkan pada indikator dengan konstruksi maka hasil dari penilaian ahli mempunyai nilai validitas isi sebesar 0, 80. Pelaksanaan pengembangan model ini masuk dalam kategori sangat baik pada uji coba skala kecil maupun uji coba skala besar. Hal tersebut didasari pada penilaian guru terhadap materi ajar yang dikembangkan. Hasil analisis pada pengembangan materi aktivitas luar kelas berbasis kearifan lokal adalah Sig2 tiled < 0.5, sehingga dapat disimpulkan materi ajar tersebut efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aktivitas luar kelas dan dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, materi ajar, kearifan lokal, permainan tradisional, SMA kelas X
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Oct 2016 01:32
Last Modified: 09 May 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42242

Actions (login required)

View Item View Item