[Ringkasan Skripsi] Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan Media Kartu Domino terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Muntilan

Handayani, Dwi (2016) [Ringkasan Skripsi] Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan Media Kartu Domino terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Muntilan. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Ringkasan Skripsi)
Ringkasan Skripsi 09405244032.swf

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh implementasi pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar geografi siswa, (2) Perbedaan peningkatan hasil belajar geografi siswa yang menggunakan media kartu domino dengan siswa yang tidak menggunakan media kartu domino. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan model nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest dan soal posttest. Penelitian berlangsung dalam enam kali pertemuan dengan 1 paket kartu domino geografi. Analisa data yang digunakan adalah Uji Paired Sample t-test dan Uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media pembelajaran kartu domino berpengaruh pada hasil belajar siswa. Metode ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen dari 38,59 menjadi 77,18 serta nilai rata-rata siswa kelas kontrol dari 37,65 menjadi 71,71. (2) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media pembelajaran kartu domino geografi dengan siswa yang tidak menggunakan media kartu domino sebesar 42,59 untuk kelas eksperimen dan 34,06 untuk kelas kontrol. Kata kunci: metode kooperatif tipe TGT, media pembelajaran kartu domino, hasil belajar geografi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 12 Oct 2016 00:47
Last Modified: 30 Jan 2019 11:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42232

Actions (login required)

View Item View Item