LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Muhammad Mulyadi, Muhammad Mulyadi (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

PPL atau Pratik Pengalaman Lapangan merupakan wadah untuk menyiapkan mahasiswa kependidikan untuk berlatih, belajar dan memahami bagaimana menjadi seorang calon pendidik yang professional. Tujuan diadakannya PPL yaitu untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran, selain itu untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai untuk diterapkan dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Pelaksanaan PPL di sekolah dilakukan dengan mengadakan observasi sebelumnya untuk mengetahui keadaan di dalam sekolah meliputi sarana dan prasarana, suasana belajar, tenaga pendidik, karyawan, dan peserta didik. Observasi berguna untuk mengetahui suasana di dalam sekolah sehingga dapat mengenal lebih dekat bagaimana karakter dari tenaga pendidik dan karakter peserta didik, selain itu juga mengetahui fasilitas yang ada di sekolah untuk kelancaran program PPL yang akan dilaksanakan. Setelah itu mengadakan konsultasi dengan guru pembimbing PPL di sekolahan untuk mengetahui mata pelajaran yang akan diampu, untuk mempersiapkan dalam pelaksanaan PPL. Kegiatan PPL ini dilakukan pada tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014 yang berlokasi di SMK Negeri 2 Depok, Sleman, Yogyakarta. Dalam kegiatan yang dilakukan selama PPL yaitu mengajar di kelas 10 Teknik Pemesinan A dengan mengampu mata pelajaran Teknologi Mekanik yang dilakukan selama minimal mengajar 8 kali pertemuan, dimana terdapat materi Teknik Keselamatan, Kesehatan, Kerja, dan Lingkungan, Teknik Pengetahuan Bahan (Ferrous dan Non Ferrous), Teknik Pengujian Logam, Teknik Penggunaan Alat Ukur, serta Teknik Penggunaan Perkakas Tanggan. Metode mengajar yang dilakuakan yaitu dengan Saintifik yang terdapat dalam kurikulum 2013. Metode mangajar ini menuntut siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, dan guru hanya sebagai fasilitator saja. Selain itu kegiatan PPL meliputi persiapan administrasi mengajar, membuat dan mengembangkan media pembelajaran, melakukan praktik mengajar terbimbing dan mandiri serta evaluasi setelah mengajar. Dalam kegiata pembelajaran saat PPL yaitu dilakukan di dalam kelas dengan mengajar kelas 10 Teknik Pemersinan A mengampu mata pelajaran Teknologi Mekanik, dimana peserta didik dapat mengikuti pelajaran yang diberikan dengan metode siswa aktif yaitu dengan peserta didik dihadapkan dengan masalah dan dibimbing untuk dapat berdiskusi sehingga saling membantu dan memecahkan masalah secara bersama-sama untuk dapat mengisi satu dengan yang lainnya. Pembelajaran dengan Saintifik ini membantu peserta didik dalam menemukan sendiri materi-materi yang ada dalam pembelajaran yang sedang berlangsung dan membuat peserta didik memahami lebih mendalam.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Oct 2016 23:36
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42218

Actions (login required)

View Item View Item