PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH KARANGHARJO BERBAH SLEMAN

Nurissa, Dwi Setia (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH KARANGHARJO BERBAH SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dwi Setia Nurissa_12105244016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD Muhammadiyah Karangharjo Berbah Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif, yang menggunakan desain “Matching Pretest – Posttest Control Group Design”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Karangharjo Berbah Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda. Kesahihan instrumen penelitian ini diperoleh melalui uji validitas, reliabilitas. Teknik analisis data yaitu menggunakan Uji Normaslitas dan Uji Homogenitas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan t-test dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Indvidualization (TAI) berpengaruh terhadap pembelajaran matematika kelas IV jika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini sesuai dengan hasil nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 71,37 dan kelas kontrol 69,86. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa nilai t hitung 0,33 < t tabel 1,684 dan effect size sebesar 0,24 yang artinya, ada perbedaan yang sedang antara hasil post-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 12 Oct 2016 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 11:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42217

Actions (login required)

View Item View Item