PERBEDAAN FASILITAS PRAKTIK SERTA PRESTASI KERJA LAS DASAR SISWA KELAS I JURUSAN OTOMOTIF DI SMK MUHAMADIYAH PRAMBANAN DAN SMK MUHAMADIYAH CANGKRINGAN

Taufik, Fajar Irawan (2016) PERBEDAAN FASILITAS PRAKTIK SERTA PRESTASI KERJA LAS DASAR SISWA KELAS I JURUSAN OTOMOTIF DI SMK MUHAMADIYAH PRAMBANAN DAN SMK MUHAMADIYAH CANGKRINGAN. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Taufik Fajar Irawan - 05504241010.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PERBEDAAN FASILITAS PRAKTIK SERTA PRESTASI KERJA LAS DASAR SISWA KELAS I JURUSAN OTOMOTIF DI SMK MUHAMADIYAH PRAMBANAN DAN SMK MUHAMADIYAH CANGKRINGAN Oleh : Taufik Fajar Irawan NIM. 05504241010 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum dari fasilitas bengkel dan lingkungan praktik yang ada pada tiap sekolah, selanjutnya menganalis data tersebut apakah terdapat perbedaan fasilitas praktik prestasi kerja las dasar di SMK Muhammadiyah Prambanan dan SMK Muhamamdiyah Cangkringan. Jika terdapat perbedaan maka hendaknya sekolah yang bersangkutan bisa mengoptimalkan fasilitas yang ada serta meningkatkan prestasi siswa khususnya pada mata pelajaran las dasar. Penelitian ini berlangsung di bengkel las Teknik Mekanik Otomotif SMK Muhammadiyah Prambanan dan SMK Muhammadiyah Cangkringan. Data utama penelitian ini diperoleh dengan mengisi lembar instrumen yang dibuat berdasarkan acuan standar dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), sedangkan data penunjang dikumpulkan dari berbagai dokumen yang ada di bengkel praktik. Data yang dikumpulkan melalui pengamatan, observasi, dan dokumentasi nilai raport siswa. Data kondisi dari fasilitas praktik dan prestasi las dasar siswa yang sudah didapatkan selanjutnya diolah dengan uji varian satu jalur (one way ANOVA) pada kedua sekolah tersebut menggunakan bantuan paket komputer SPSS dan Microsoft excel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan fasilitas praktik di SMK Muhammadiyah Prambanan dan SMK Muhammadiyah Cangkringan, hal tersebut dibuktikan dengan hasil pengisian instrument didapati kelengkapan peralatan di SMK Muhammadiyah Prambanan secara keseluruhan ada 26.38%, sedangkan pada SMK Muhammadiyah Cangkringan baru sekitar 2.50%, Selain itu dalam Uji One Way ANOVA lingkungan praktik diperoleh F hitung > F Tabel (97.737 > 3.89), yang artinya terdapat perbedaan lingkungan praktik di SMK Muhammadiyah Prambanan dengan SMK Muhammadiyah Cangkringan dimana rata-rata (mean) di SMK Muhammadiyah Prambanan 16.33, dan untuk SMK Muhammadiyah Cangkringan adalah 13.36 sehingga rata-rata lingkungan praktik di SMK Muhammadiyah Prambanan lebih tinggi dari pada SMK Muhammadiyah Cangkringan ; (2) Terdapat perbedaan prestasi kerja las dasar siswa di SMK Muhammadiyah Prambanan dan SMK Muhammadiyah Cangkringan, hal tersebut berdasarkan dari hasil Uji One Way ANOVA dimana F hitung > F tabel (58.062>3.89) dan pada taraf signifikansi pada 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaaan rata-rata nilai prestasi kerja las dasar SMK Muhammadiyah Prambanan dan SMK Muhammadiyah Cangkringan dimana rata-rata pretasi las dasar di SMK Muhammadiyah Prambanan 7.22, untuk SMK Muhammadiyah Cangkringan adalah 6.75, artinya bahwa rata-rata nilai prestasi las dasar SMK Muhammadiyah Prambanan lebih tinggi dari pada SMK Muhammadiyah Cangkringan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Oct 2016 08:54
Last Modified: 30 Jan 2019 11:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42214

Actions (login required)

View Item View Item