TAUFIANA, C MUNA (2016) PENGARUH PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN PRODUKTIF DAN KARAKTERISTIK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.
|
Text
Taufiana C Muna 08505241027.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN PRODUKTIF DAN KARAKTERISTIK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh : TAUFIANA C MUNA NIM. 08505241027 ABSTRAK Dalam proses pembelajaran, prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh adanya profesionalisme guru dan karakteristik siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru mata pelajaran produktif terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta, pengaruh karakteristik siswa terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta, dan pengaruh profesionalisme guru mata pelajaran produktif dan karakteristik siswa terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan variabel X1 adalah profesionalisme guru, variabel X2 adalah karakteristik siswa dan variabel Y adalah prestasi belajar. Subyek 20 guru teknik bangunan dan siswa kelas XI sejumlah 72 siswa. Data diambil dengan menggunakan metode dokumentasi dan angket. Validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Pengujian hipotesis dengan analisis Product Moment dan analisis regresi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara profesionalisme guru mata pelajaran produktif terhadap prestasi belajar siswa jurusan teknik bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta, dibuktikan dengan koefisien korelasi rhitung>rtabel (0,267>0,232) dengan sumbangan efektif 7,1% dan Y = 81,641 + 0,053X; (2) Ada pengaruh positif yang tidak signifikan antara karakteristik siswa terhadap prestasi belajar siswa jurusan teknik bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta, dibuktikan dengan koefisien korelasi rhitung<rtabel (0,108>0,232) dengan sumbangan efektif 0,12% dan Y = 69,691 + 0,249X; (3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara profesionalisme guru mata pelajaran produktif dan karakteristik siswa terhadap prestasi belajar siswa jurusan teknik bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta, dibuktikan dengan koefisien korelasi rhitung>rtabel (0,268>0,232) dengan sumbangan efektif 7,2% dan Y = 81,827 + 0,041X1 + 0,005X2. Kata kunci : Profesionalisme Guru, Karakteristik Siswa, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 08:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42210 |
Actions (login required)
View Item |