PENGARUH VARIASI SUHU PEMANASAN GERABAH DENGAN PENAMBAHAN NANOPARTIKEL PERAK TERHADAP UJI POROSITAS DAN KUAT TEKAN GERABAH

Widada, Yuwana (2016) PENGARUH VARIASI SUHU PEMANASAN GERABAH DENGAN PENAMBAHAN NANOPARTIKEL PERAK TERHADAP UJI POROSITAS DAN KUAT TEKAN GERABAH. S1 thesis, Fakultas Matematika dan IPA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui karakteristik larutan nanopartikel perak menggunakan spektrofotometer UV-Vis, 2) mengetahui tingkat kerapatan patikel gerabah dengan penambahan larutan nanopartikel perak dan tanpa penambahan larutan nanopartikel perak menggunakan XRD, 3) mengetahui pengaruh variasi suhu pemanasan gerabah terhadap porositas dan kuat tekan gerabah dengan penambahan larutan nanopartikel perak dan tanpa penambahan larutan nanopartikel perak, dan 4) mengetahui suhu pemanasan yang baik untuk mendapatkan porositas dan kuat tekan gerabah dengan kualitas baik. Penelitian dimulai dengan membuat sintesis nanopartikel perak dengan konsentrasi 5 mM. Selanjutnya diuji menggunakan spektrofotometer UV-Vis. kemudian mencampur larutan nanopartikel perak pada gerabah kering yang telah dihaluskan dengan perbandingan 65% : 35% dilanjutkan dengan proses pencetakan dan pemanasan dengan variasi suhu pemanasan 600°C, 700°C, 800°C, dan 900°C. Kemudian dilakukan uji porositas dan uji kuat tekan gerabah pada masing-masing sampel. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan karakteristik gerabah yang dibuat dengan nanopartikel perak dan tanpa nanopartikel perak. Pengujian UV-Vis pada nanopartikel perak menunjukkan absorbansi pada rentang panjang gelombang 420,40 nm – 457,80 nm. Pengujian XRD pada gerabah dengan nanopartikel perak menghasilkan jarak antar partikel 3,214 Å dan untuk gerabah tanpa nanopartikel perak menghasilkan jarak antar partikel 3,242 Å. Gerabah dengan nanopartikel perak menghasilkan kerapatan partikel yang lebih rapat daripada gerabah tanpa nanopartikel perak. Hasil variasi suhu pemanasan gerabah menunjukkan suhu pemanasan yang baik untuk gerabah, yaitu pada suhu 600°C - 800°C. Kata kunci: nanopartikel perak, gerabah, porositas, kuat tekan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 12 Oct 2016 01:59
Last Modified: 06 Mar 2019 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42204

Actions (login required)

View Item View Item