PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MAZE “PAPAN LAJU WARNA” UNTUK MENSTIMULASI KESIAPAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA AS-SALAM MAREDAN SENDANGTIRTO, BERBAH, SLEMAN, DI YOGYAKARTA

Athiyah, Ummu (2016) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MAZE “PAPAN LAJU WARNA” UNTUK MENSTIMULASI KESIAPAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA AS-SALAM MAREDAN SENDANGTIRTO, BERBAH, SLEMAN, DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ummu Athiyah_12105244029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk alat permainan edukatif maze “Papan Laju Warna” yang layak untuk anak TK kelompok B. Alat permainan ini dapat digunakan sebagai penunjang alat permainan edukatif untuk menstimulasi kesiapan membaca anak yang sesuai dengan aspek perkembangan bahasa anak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg & Gall. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, melakukan perencanaan, melakukan pengembangan produk awal, melakukan uji coba lapangan awal, revisi produk I hasil uji coba lapangan awal, melakukan uji coba lapangan, revisi II hasil uji coba lapangan, melakukan uji coba lapangan operasional, penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba adalah anak kelompok B TK ABA As-Salam Maredan, Sendangtirto, Berbah yang terdiri dari uji coba lapangan awal 4 siswa, uji coba lapangan terbatas 8 siswa, uji coba lapangan luas 16 siswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat permainan edukatif maze “Papan Laju Warna" layak digunakan sebagai penunjang kegiatan belajar. Hal ini ditunjukkan dari beberapa penilaian yang telah dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan uji coba lapangan. Hasil akhir penilaian produk oleh ahli materi menunjukkan bahwa modul pembelajaran tematik dinyatakan “Layak” dengan rata-rata skor 4,33 dan hasil akhir penilaian produk oleh ahli media menunjukkan bahwa modul pembelajaran tematik dinyatakan “Layak” dengan ratarata skor 4,56. Pada hasil uji coba lapangan awal didapatkan hasil “Layak” dengan persentase 91%, hasil uji coba lapangan diperoleh hasil “Layak” dengan persentase 94% dan hasil uji coba lapangan operasional diperoleh hasil “Layak” dengan persentase 98%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 12 Oct 2016 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 11:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42203

Actions (login required)

View Item View Item