UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MODEL BERMAIN TALI, SIMPAI DAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WONOREJO KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Subarkah, Subarkah (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MODEL BERMAIN TALI, SIMPAI DAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WONOREJO KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BARKAH PKS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi adalah rendahnya hasil pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Kelas V di SDN 1 Wonorejo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan model bermain tali, simpai dan bola gantung siswa kelas V SD Negeri 1 Wonorejo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 1 Wonorejo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen yang berjumlah 17 siswa. Penelitian tindakan kelas ini setiap siklusnya adalah dua kali pertemuan dengan setiap pertemuan waktunya 2 x 35 menit. Instrumen yang digunakan berupa angket tanggapan siswa dan test unjuk kerja lompat jauh gaya jongkok. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Data awal test keterampilan unjuk kerja lompat jauh gaya jongkok menunjukan bahwa siswa yang mencapai KKM hanya 41,17%, yaitu siswa tuntas 7 siswa (41,17%), tidak tuntas 10 siswa (58,83%). Pada siklus satu terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 47,06%, yaitu siswa tuntas 15 siswa (88,23%) tidak tuntas 2 siswa (11,77%). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tindakan dengan model bermain tali, simpai dan bola gantung yang dilakukan dalam 1 siklus dengan 2 kali pertemuan terbukti mampu meningkatkan hasi test unjuk kerja dan tanggapan siswa terhadap lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonorejo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, lompat jauh gaya jongkok, model, bermain.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Oct 2016 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 11:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42197

Actions (login required)

View Item View Item